Perbandingan antara Nexus 7 dan iPad Mini

By on July 30, 2013
77.Perbandingan-antara-Nexus-7-dan-iPad-Mini_3

Memilih perangkat tablet bisa menjadi satu pekerjaan yang cukup merepotkan. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, hal ini justru membuat banyak orang bingung dalam memilih tablet yang paling tepat dan mampu menjawab kebutuhannya. Dalam memilih tablet banyak yang menilai bahwa spesifikasi dan fitur adalah hal yang terpenting. Akan tetapi di sisi lain banyak juga yang menilai bahwa harga adalah faktor yang juga perlu untuk dipertimbangkan.

Untuk urusan performa, banyak yang menilai bahwa Nexus 7 dan iPad Mini adalah dua pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Dari sisi spesifikasi kedua tablet tersebut memang memiliki kombinasi hardware yang pas dan cukup tangguh. Namun seperti apakah perbandingan detail mengenai dua tablet tersebut? Untuk mengetahuinya, berikut ini perbandingan singkat mengenai dua perangkat tablet yang diusung oleh dua nama besar dalam dunia IT itu.

Spesifikasi Nexus 7 dan iPad Mini

77.Perbandingan-antara-Nexus-7-dan-iPad-Mini_1

Untuk Nexus 7 yang terbaru, tablet ini telah dilengkapi dengan layar beresolusi 1920 x 1200 pixel dengan kerapatan 323 ppi. Jika dibandingkan dengan New Nexus 7, resolusi layar yang dimiliki iPad Mini tampak lebih rendah dengan 1024 x 768 pixel dengan kerapatan 163 ppi. Pada sisi prosesor, New Nexus juga hadir dengan prosesor yang lebih tangguh yakni dengan prosesor quad core 1,5 GHz. Hal ini jauh di atas prosesor iPad Mini yang hanya menggunakan prosesor dual core A5.

Meski iPad Mini hadir dengan otak yang lebih rendah dari Nexus 7, iPad Mini menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih beragam. Pada Nexus 7 hanya terdapat 2 pilihan storage yaitu 16 GB dan 32 GB sedangkan iPad Mini menawarkan pilihan yang lebih beragam yaitu 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Pada sisi kamera, kedua tablet ini sama-sama dilengkapi dengan kamera depan 1,2 MP dan kamera belakang sebesar 5 MP. Namun jika dilihat dari sisi harga Nexus 7 tampak jauh lebih terjangkau.

Performa Nexus 7 dan iPad Mini

77.Perbandingan-antara-Nexus-7-dan-iPad-Mini_2

Performa Nexus 7 dan iPad Mini sebenarnya sudah dapat dilihat dari sisi spesifikasi hardware yang terpasang pada kedua tablet tersebut. Saat melihat performa grafis, Nexus 7 jelas tampak lebih unggul. Dengan resolusi layar yang tinggi, Nexus 7 mampu menampilkan grafis yang lebih tajam dan berkualitas. Meski demikian, iPad Mini juga tetap mampu memberikan performa grafis yang baik meskipun masih di bawah Nexus 7.

Dalam pengujian performa, kemampuan komputasi Nexus 7 juga tampak lebih unggul dibandingkan dengan iPad Mini. Akan tetapi keunggulan Nexus 7 sangat terasa saat melakukan aktifitas multitasking. Hal ini sangat wajar mengingat prosesor Nexus 7 yang memang sudah quad core. Sistem operasi Nexus 7 sudah menggunakan Android 4.3 Jelly Bean sedangkan iPad Mini menggunakan iOS 6.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *