Panduan Memilih Kamera sebelum Kita Membeli

By on May 6, 2013
Panduan-Memilih-Kamera-sebelum-Kita-Membeli-1

Panduan-Memilih-Kamera-sebelum-Kita-Membeli-1

Saat ini kamera telah menjadi salah satu barang yang sangat digemari dan dibutuhkan, baik oleh para photographer profesional maupun kaum awam. Kamera bisa digunakan untuk membuat sebuah seni photography yang menakjubkan maupun untuk mengabadikan momen-momen tertentu, seperti ketika sedang berlibur ke tempat-tempat wisata. Karena kamera telah menjadi barang yang cukup penting, berikut ini akan beberapa panduan dalam memilih kamera untuk membantu Anda sekalian yang sedang ingin membeli kamera. Memperhatikan beberapa hal penting sebelum membeli kamera sebaiknya kita lakukan agar kamera yang kita beli nantinya tepat guna. Berikut ini adalah beberapa tahapan awal yang sebaiknya kita lakukan sebelum kita pergi ke toko kamera.

Panduan Memilih Kamera dengan Tepat

Tahapan yang paling awal yaitu tentu saja menyiapkan budget dengan jumlah yang cukup. Untuk mengetahui jumlah budget yang harus kita siapkan, maka kita harus tahu terlebih dahulu harga-harga kamera di pasaran. Saat ini jenis kamera telah tersedia dengan sangat beragam, dan ditawarkan dengan harga yang sangat beragam pula. Maka kita perlu tahu kamera jenis yang bagaimanakah yang kita perlukan.

Semakin mahal kamera tentu semakin baik kualitasnya. Akan tetapi kita perlu memperhatikan sisi efisiensinya ketika akan membeli, karena untuk apa kita membeli kamera dengan fitur-fitur unggulan jika toh fitur-fitur tersebut  tidak akan terpakai. Jadi, kita bisa mulai bertanya pada diri kita mengenai tujuan kita membeli kamera. Jika hanya untuk mengabadikan momen-momen menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman ketika bepergian, maka sebaiknya memilih kamera digital yang praktis penggunaannya. Namun jika ingin bergabung kedalam sebuah komunitas photography, maka kita harus memilih kamera DSLR yang cukup lengkap fitur-fiturnya. Contohnya kamera dengan nuansa fotografi klasik di Fujifilm X100s atau kamera DSLR canggih Canon Rebel T5i.

Setelah tahu persis jenis kamera yang kita inginkan, maka kita bisa melakukan pencarian di internet untuk mengetahui berbagai macam informasi mengenai jenis kamera yang kita inginkan. Di situ kita akan menemukan berbagai macam model kamera dengan berbagai merk. Kita perlu juga mempelajari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut, hingga menemukan salah satu yang paling cocok. Kita juga harus mencari tahu kisaran harganya untuk bisa menyiapkan budget dengan jumlah yang tepat dan untuk menghindari membayar dengan harga yang terlalu tinggi di toko kamera.

Tips ketika Membeli Kamera

Panduan-Memilih-Kamera-sebelum-Kita-Membeli-2

Setelah mengantongi tipe-tipe kamera yang kita inginkan, kita tinggal berkeliling saja ke toko-toko kamera untuk menanyakan ketersediaan stok produk yang kita inginkan. Setelah mendapati bahwa produknya tersedia, maka kita sebaiknya jangan langsung membelinya. Untuk mendapatkan harga yang paling bagus, kita bisa membandingkannya dulu dengan harga di toko lain ataupun menawar harganya.

Selain itu kita juga perlu menanyakan berbagai macam hal yang mungkin ingin kita ketahui dari produk yang dijual di toko tersebut. Misalkan saja berapa lama garansinya atau bagaimana proses claim garansinya jika terjadi kerusakan selama masa garansi. Jika semua sudah jelas dan Anda juga cocok dengan deal yang ditawarkan, maka Anda bisa mulai bertransaksi.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *