Panduan Membersihkan Jamur di Lensa Kamera

By on May 6, 2013
Panduan-Membersihkan-Jamur-di-Lensa-Kamera-1

Panduan-Membersihkan-Jamur-di-Lensa-Kamera-1

Memotret adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain bisa dijadikan sebagai hobi atau kegemaran, memotret juga bisa dijadikan sebagai sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Untuk Anda sekalian yang gemar dengan kegiatan memotret, berikut ini adalah tips ataupun panduan bagi Anda untuk merawat lensa kamera agar tetap bersih. Lensa kamera adalah salah satu bagian dari kamera yang harus selalu dijaga tetap bersih agar gambar yang kita ambil hasilnya sempurna, saking pentingnya sebuah lensa sampai-sampai Fujifilm mengeluarkan lensa terbaru. Akan tetapi bagian lensa tersebut rentan terhadap kotoran, seperti debu maupun jamur. Oleh karena itu kita harus membersihkannya secara berkala. Berikut ini adalah tips membersihkan jamur di lensa kamera Anda,

Tips Membersihkan Jamur di Lensa Kamera DSLR

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika hendak membersihkan jamur dari lensa kamera yaitu mempersiapkan alat-alat yang akan dibutuhkan. Alat-alat tersebut berupa obeng kecil dengan ujung minus, kain lap yang lembut dan bersih, cairan khusus pembersih lensa, dan juga alat pengering (bisa menggunakan alat pengering rambut).

Apabila yang kotor atau berjamur adalah lensa bagian luar saja, maka kita bisa langsung membersihkannya dengan kain lap dan obat ataupun cairan pembersih lensa yang telah disiapkan. Jika telah dibersihkan tapi masih kotor, berarti ada kemungkinan bahwa yang kotor adalah lensa bagian dalam. Kalau seperti itu, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Langkah yang pertama yaitu mengambil lensa yang hendak dibersihkan. Pengambilan bisa dilakukan dengan menggunakan obeng kecil yang ujungnya kita lapisi kain lap untuk menghindari goresan. Untuk kamera Nikkon seri 18-200 VR, caranya yaitu dengan memasukan ujung obeng yang dibalut tadi ke dalam ceruk pada ring, lalu putar ke arah berlawanan dengan jarum jam. Cara ini pada umumnya sama untuk sebagian besar jenis kamera, namun Anda sebaiknya mempelajarinya dulu di buku panduan.

Setelah lensa terlepas, langkah berikutnya yaitu membersihkannya dengan lap dan cairan pembersih. Setelah noda-noda jamur berhasil dihapus, selanjutnya kita lap lensa dengan kain lap kering. Untuk memastikan bahwa lensa telah benar-benar kering, maka kita tiup seluruh bagiannya dengan alat pengering. Selanjutnya lensa bisa dipasang lagi dengan alat dan cara yang sama, hanya saja untuk memasangnya maka kita putar ke arah yang berlawanan.

Tips Merawat Kamera DSLR

Panduan-Membersihkan-Jamur-di-Lensa-Kamera-2

Agar kamera kita awet dan tidak mudah kotor lensanya, kita perlu merawatnya dengan seksama. Tips yang pertama yaitu hindari pemakaian kamera tanpa pelindung yang tepat pada saat hujan, meskipun hanya gerimis. Kemudian kita harus membersihkan badan kamera secara rutin. Jika hendak dikeluarkan baterainya, sebaiknya kita pastikan dahulu bahwa kamera telah mati.

Lalu jika Anda memakai kamera di daerah pantai, sebaiknya anda mengelap seluruh bagian kamera dengan kain basah setelah pemakaian. Selanjutnya jika kamera jarang digunakan, maka simpanlah di tempat yang bersih dan tidak lembab. Selain itu, lihatlah kondisi kamera di tempat penyimpanan dan tetap lakukan pembersihan secara berkala.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>