Olympus Jalin Kerja Sama dengan Sony

By on June 3, 2013
Olympus-Jalin-Kerja-Sama-dengan-Sony-1

Olympus dikabarkan akan bekerja sama dengan Sony dengan memasok lensa kamera. Kerja sama antara kedua perusahaan besar ini tidak terlepas dari pengaruh perjanjian aliansi yang mereka lakukan pada tahun 2012 lalu. Meski hasil dari kerja sama diantara keduanya sejak tahun lalu hingga sekarang belum tampak, namun diprediksikan bahwa sebentar lagi hasilnya akan mulai dapat dilihat. Olympus, lewat juru bicaranya, menyatakan bahwa Sony telah mulai memasok sensor terbaik mereka untuk Olympus, sementara Olympus juga telah mulai memberikan suplai bagian-bagian lensa dan juga unit lensa kepada Sony.

Perjanjian aliansi yang dicapai oleh Olympus dan Sony tahun lalu memang juga mencakup kesepakatan untuk melakukan sharing komponen pada bidang teknologi fotografi. Sehingga memungkinkan bagi keduanya untuk saling menyempurnakan produk fotografi masing-masing. Dengan kesepakatan yang telah tercapai dan kerja sama yang saling melengkapi tersebut, kedua perusahaan ini tentu akan menjelma menjadi semakin kuat. Tidak hanya itu saja, kerja sama tersebut tampaknya akan berlanjut pada bidang yang lebih lebar di kemudian hari.

Aliansi Olympus dan Sony

Olympus dan Sony telah mencapai kesepakatan untuk beraliansi pada hari Jumat, tanggal 28 September 2012 lalu. Di dalam penandatanganan perjanjian itu, Sony telah menginvestasikan dana senilai 444 juta dolar Amerika untuk bekerja sama dan membeli saham Olympus sebesar 11,46%. Dengan demikian, Sony kini menjadi pihak pemegang saham terbesar milik Olympus.

Latar belakang dari kerja sama yang terjalin ini sebenarnya adalah masalah keuangan yang dikabarkan tengah dihadapi oleh Olympus. Pihak Olympus sebelumnya juga mendapatkan tawaran dari beberapa perusahaan besar lainnya seperti Terumo Corp dan Fujifilm. Namun kemudian Olympus memilih Sony.

Kesepakatan tersebut memungkinkan kedua perusahaan bekerja sama di bidang bisnis, fotografi, dan juga medis. Oleh karena itu, kini kita mulai bisa melihat kerja sama antara keduanya di bidang teknologi fotografi yang memungkinkan keduanya menciptakan produk fotografi yang akan menjadi pesaing terkuat di pasaran. Sony yang selama ini telah merajai dunia sensor akan dikuatkan dengan pasokan unit lensa kamera terbaik untuk menyempurnakan sistem NEX mereka.

Ini akan membuat Panasonic, yang sementara ini menjadi pesaing tangguh Sony, untuk lebih terpacu meningkatkan kualitas sensor mereka. Dapat dipastikan bahwa persaingan di pasar akan semakin ketat. Mudah-mudahan saja hal ini akan menjadi sesuatu yang lebih menguntungkan untuk kita para konsumen.

Rancangan Pertama Olympus untuk Sony

Olympus-Jalin-Kerja-Sama-dengan-Sony-2

Tidak diterangkan secara jelas apakah suplai lensa dari Olympus kepada Sony akan digunakan untuk Fixed Lens Camera atau Compact System Camera. Sementara mengenai lensa pertama yang dirancang oleh Olympus untuk memasok kebutuhan Sony adalah lensa 400mm f/4.0 untuk A-mount Sony. Akan tetapi produk tersebut masih akan terus dikembangkan dan belum akan diedarkan di pasaran. Diharapkan bahwa hasil kerja sama tersebut akan mulai bisa dinikmati oleh para konsumen pada tahun 2014 nanti dan nantinya bisa masuk ke dalam jajaran lensa kamera populer di kalangan fotografer.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *