Nuansa Fotografi Klasik pada Fujifilm X100S

By on April 12, 2013
fujifilm-x100s-1

fujifilm-x100s-1

Kamera menjadi salah satu gadget paling populer seiring dengan perkembangan teknologi digital dimana sepertinya semua orang mendapat kesempatan untuk memiliki kamera dan menghasilkan gambar – gambar bagus dengan tingkat kesulitan yang sedikit. Teknologi digital yang diaplikasikan pada kamera juga membuat kegiatan fotografi menjadi lebih murah dan makin mudah dinikmati. Salah satu pionir fotografi yang kembali unjuk gigi dalam persaingan memenangkan pasar kamera digital adalah Fujifilm; kamera keluaran terbaru Fujifilm X100S memberikan pendekatan tersendiri pada fotografi sebagai sebuah seni. Dirilis dengan spesifikasi yang sedikit unik dan keluar dari kaidah kamera digital komersial pada umumnya; Fujifilm X100S menawarkan pengalaman membidik gambar yang lain daripada kamera digital lain yang beredar di pasaran.

Spesifikasi Unik Fujifilm X100S

Fujifilm X100S jelas berbeda dibandingkan dengan kamera digital lain; baik itu dari tampilan desain luar maupun fitur yang dapat ditemukan dalam kamera ini. Dengan tampilan sebuah kamera analog klasik lengkap dengan warna metal dan casing hitam bertekstur. Kamera ini juga keluar dari kebiasaan kebanyakan pabrikan kamera dalam merancang sebuah kamera digital. Keitka pabrikan kamera digital lain berlomba – lomba mengeluarkan kamera saku dengan kemampuan zoom atau pembersaran sebesar – besarnya baik itu secara optikal maupun digital; Fujifilm X100S hadir dengan lensa fix 35mm f/2.0. Hal ini sepertinya disengaja untuk melengkapi desain retro dengan tombol yang membutuhkan sedikit kekuatan fisik untuk mengoperasikannya.

Sepertinya Fujifilm sengaja mengeluarkan Fujifilm X100S bukan sebagai kamera digital massal; ini adalah jawaban dari impian banyak fotografer untuk menjadi fotografer jalanan dengan kamera dan set lensa sederhana. Kembali ke masa lalu sepertinya menjadi tema dari kemunculan Fujifilm X100S. Hanya mereka yang cukup mahir bermain dengan kamera klasik yang akan menemukan keasyikan dan keunggulan sebuah lensa fix 35mm f/2.0 pada Fujifilm X100S.

fujifilm-x100s-2

Aspek Teknis Fujifilm X100S

Dengan sensor X Trans CMOS II 16 megapiksel; Fujifilm X100S dengan lensa fix dapat menghasilkan ketajaman gambar di atas rata – rata. Salah satu fitur penting yang membuat kamera ini sangat mudah diperasikan adalah kecepatan auto fokus dari lensa fix 35mm f/2.0; fitur ini sangat memudahkan pengguna kamera untuk mengeksekusi gambar atau momen dengan cepat. Ada banyak pernaikan dari seri pertama Fujifilm X100S sampai dengan keluaran terbaru yang dimaksudkan untuk menyempurnakan fungsi dan kemudahan bagi pemakai kamera unik ini. Desain klasik dengan panel fungsi serta view finder model lama akan membuat siapapun serasa tengah menggunakan kamera analog model lama. Namun panel display di bagian belakang akan membawa nuansa modern pada kamera ini. Layar LCD 2.8 inci 460 dot cukup besar untuk memberikan gambar preview dari foto yang diambil serta melakukan pengaturan pada kamera ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *