Nokia Asha 210, Handphone Pertama di Dunia yang Memiliki Tombol Aplikasi WhatsApp

By on April 25, 2013
nokia-asha-210-1

nokia-asha-210-1

Handphone Nokia ini bernama Nokia Asha 210, yang merupakan handphone pertama di dunia yang memiliki tombol aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan singkat/chatting paling populer di dunia. Semakin populernya aplikasi WhatsApp yang kini penggunanya telah melebih 200 juta pengguna per bulan membuat Nokia tertarik menciptakan tombol untuk aplikasi tersebut di handphone terbarunya.

Banyak orang beralih mengirimkan pesan menggunakan WhatApp akhir-akhir ini karena penggunanya tidak dipungut biaya atau pulsa ketika mengirimkan pesan. Per harinya ada 8 miliar pesan yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp. Tidak heran jika Google dan Facebook tertarik untuk menguasai perushaan aplikasi pesan singkat ini.

Nokia Asha 210 sendiri memiliki spesifikasi handphone kelas bawah, dengan koneksi utamanya 2G tapi handphone ini bisa menggunakan koneksi Wi-Fi jika disambungkan. Handphone ini menyediakan tombol keyboard QWERTY untuk memudahkan mengetik pesan. Ini bukan pertama kalinya Nokia menyertakan tombol jejaring sosial di handphonenya. Karena mereka pernah menyertakan tombol untuk Facebook di handphone terdahulunya.

nokia-asha-210-2

Selain tombol untuk aplikasi WhatsApp, Nokia Asha 210 juga memiliki tombol khusus untuk kamera.  Kamera yang dimiliki handphone Nokia ini mempunyai fitur yang jarang dipunya handphone lain. Karena di Nokia Asha 210, Anda bisa mendapatkan posisi terbaik ketika mengambil foto. Kamera di HP Nokia ini terdapat suara pentunjuk yang akan memberi tahu posisi Anda sudah pas atau belum ketika mengambil foto. Jika posisi Anda kurang pas, maka akan keluar suara arahan yang memberikan Anda petunjuk dimana seharusnya Anda berdiri.

Menurut wakil ketua dari Nokia, Timo Toikkanen, Nokia Asha 210 lebih menonjol dibandingkan handphone lainnya karena memberikan penggunanya cara baru dalam mengekspresikan kepribadiannya melalui tombol WhatsApp pertama di dunia. Nokia Asha 210 diciptakan untuk memudahkan penggunanya meng-update jaringan sosialnya, berkomunikasi dengan temannya dan membagikan cerita yang dimilikinya. Karena handphone Nokia Asha 210 ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah, maka harganya cukup terjangkau yakni $72 atau sekitar Rp.700.000 dan akan hadir di kuartal kedua tahun ini.

Video di bawah ini adalah penjelasan dari Neil Broadley tentang Nokia Asha 210 dan fitur-fiturnya:

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *