Nokia akan Segera Menghadirkan Tablet PC dengan Otak Snapdragon 800

By on August 2, 2013
90.Nokia-akan-Segera-Menghadirkan-Tablet-PC-dengan-Otak-Snapdragon-800_1

Masa-masa kejayaan Nokia tampaknya memang sudah berakhir. Dominasinya di pasar ponsel juga sudah tidak seperti dulu lagi. Akan tetapi Nokia masih belum mati. Bahkan Nokia masih tetap aktif meluncurkan perangkat smartphone dengan OS Windows Phone 8 yang hingga kini masih belum juga menarik minat banyak pengguna ponsel pintar.

Selain menghadirkan perangkat smartphone, Nokia tampaknya juga akan menghadirkan perangkat tablet yang tentu saja akan berjalan pada platform Windows 8. Akan tetapi seperti apakah tablet PC besutan Nokia ini? Salah satu informasi yang menarik dari tablet besutan Nokia ini adalah informasi mengenai penggunaan prosesor tablet Nokia yang kabarnya akan menggunakan prosesor Snapdragon 800.

Prosesor Snapdragon 800 pada Tablet Nokia

Sebelumnya tablet Nokia memang sempat diisukan bahwa pihaknya akan meluncurkan perangkat tablet yang akan dipersenjatai dengan prosesor NVidia Tegra. Akan tetapi rumor tersebut ditepis dengan kabar terbaru yang mengatakan bahwa tablet Nokia tersebut nantinya justru akan diotaki oleh prosesor Snapdragon 800. Informasi ini terungkap melalui hasil benchmark terhadap RX-114 yang diketahui menggunakan Adreno 330 sebagai pengolah grafisnya. Perlu diketahui bahwa RX-114 ini adalah perangkat yang kini tengah dikembangkan oleh Nokia dan dipercaya akan menjadi tablet Nokia terbaru.

Penggunaan Adreno 330 ini tentunya semakin memperkuat anggapan bahwa tablet Nokia nantinya akan dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 800. Bagi yang belum mengetahui, Adreno 330 adalah pengolah grafis yang terintegrasi dengan chip prosesor Snapdragon 800. Karena itulah informasi mengenai penggunaan Snapdragon 800 sebagai otak tablet Nokia semakin menguat.

Tablet Nokia akan Hadir dengan OS Berbasis Windows RT

90.Nokia-akan-Segera-Menghadirkan-Tablet-PC-dengan-Otak-Snapdragon-800_2

Selain hadir dengan prosesor Snapdragon 800, tablet Nokia ini kabarnya juga akan hadir dengan OS berbasis Windows RT. Informasi ini muncul dari penggunaaan layar RX-114 yang kabarnya akan menggunakan layar beresolusi 1371 x 771 pixel. Resolusi layar ini mirip seperti resolusi Microsoft Surface yang juga mengusung resolusi 1371 x 771 pixel.

Dari informasi mengenai kehadiran tablet Nokia ini ada satu hal yang menarik. Meski banyak yang berpendapat bahwa tablet Nokia akan dibekali dengan OS Windows 8, ada kabar yang mengatakan bahwa Nokia akan mengembangkan sistem operasi sendiri yang nantinya khusus akan diaplikasikan pada perangkat tabletnya itu. Akan tetapi perusahaan yang berbasis di Finlandia itu akan tetap mengambil basis Windows 8 bahkan kabarnya OS hasil pengembangan ini nantinya juga akan diberi nama Windows 8 Tablet.

Jika memang demikian, tampaknya Nokia akan memiliki satu versi Windows yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri. Meski demikian, tampaknya Windows 8 Tablet ini tidak akan meninggalkan ciri khas Windows 8. Bahkan besar kemungkinan Windows 8 Tablet ini akan memiliki user interface yang cukup mirip dengan user interface Windows 8 hanya saja dengan beberapa modifikasi yang diharapkan mampu memudahkan para pengguna perangkat tablet berbasis Windows 8.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *