Nikon D3200, Kamera Terbaru dan Terbaik Dikelasnya

By on June 24, 2013
Nikon-D3200-Kamera-Terbaru-dan-Terbaik-Dikelasnya-2

Produk Baru Keluaran Nikon

Salah satu produk terbaru yang dikeluarkan oleh Nikon adalah Nikon D3200. Berbeda dengan beberapa kamera DSLR pendahulunya, untuk kamera ini, Nikon menawarkan sensor 24 mega pixel CMOS (yang memiliki kualitas sama dengan beberapa produk Sony yaitu Alpha SLT A65, NEX 7, dan juga A77) yang mampu menawarkan kualitas pixel dan resolusi tertinggi, setelah sebelumnya Nikon meluncurkan kamera 20MP yang ramah kantong.

Tidak kalah penting dari kemampuannya menciptakan gambar dengan resolusi luar biasa tinggi adalah harganya yang sangat terjangkau. Kamera ini tersedia dengan harga mulai dari $699. Nikon D3200 mungkin tidak memberikan sesuatu yang baru, tidak menyediakan sebuah revolusi dalam dunia fotografi yang kebanyakan orang nanti-nanti. Namun, salah satu tugasnya hanyalah untuk mampu berkompetisi dalam dunia teknologi. Dan berikut adalah review kamera terbaru dari Nikon.

Review Nikon D3200

Nikon-D3200-Kamera-Terbaru-dan-Terbaik-Dikelasnya-1

Jika dinilai dari pixel yang ditawarkan, jelas ada perbedaan tinggi dari pendahulunya, yaitu D3100. Terlebih lagi, apabila dilihat dari kemampuannya membuat full HD video, dengan kualitas 1080p30 video, LCD dengan 920 ribu dot, serta pilihan untuk menambah sebuah transmitter wi-fi yang sangat terjangkau, ada keuntungan besar yang bisa didapat dari D3200 apabila dibandingkan dengan spesifikasi D3100. Seperti produk-produk lain dalam level ini, Nikon D3200 tidak memasukkan sebuah fitur built-in focus motor, dan atau tidak menawarkan auto exposure.

Untungnya, model ini menawarkan fungsi Active D-Lighting yang mudah kita jumpai pada beberapa kamera DSLR keluaran Nikon. Sayangnya, salah satu fitur favorite para penggemar fotografi, efek-efek filter tidak disediakan. Hal ini sangat kontras dengan permintaan dari pasar saat ini. Sejak Olympus memperkenalkan fitur Art Filternya pada tahun 2008, memberikan sentuhan filter-filter menjadi sesuatu hal yang biasa dan sangat dibutuhkan (walau pada dasarnya fitur ini bukan sebuah fitur terpenting yang diperlukan), dan paling tidak fitur ini sangat membantu jika diaplikasikan untuk sebuah kamera DSLR pada level ini.

Yang paling mengejutkan adalah, fitur pemberian filter ini padahal hadir pada kamera Nikon D5100 dan Coolpix P7100. Tidak mengherankan apabila penggemar agak sedikit kecewa mengenai ketiadaan ini. Untungnya, D3200 menawarkan pilihan untuk memproses ulang file JPEG nya, yaitu dengan memberikan beberapa efek-efek penting seperti selective color dan tilt atau shift.

Walau memiliki sedikit kekurangan ini, D3200 masih menawarkan beberapa fitur-fitur yang sangat menarik, terlebih apabila kita melihat kelas kamera ini bertengger. Kamera ini menawarkan pengguna untuk memicu ‘shutter’ dengan menggunaka remote berbasis infra-red. Dan walaupun upgrade ini tidak begitu dibutuhkan, bahkan tanpa menyebutkan upgrade jenis ini bukan sesuatu hal yang baru, akan tetapi D3200 menunjukkan sebuah kontinuitas perubahan (ke arah yang lebih baik) secara perlahan, yang cocok untuk kondisi pasar saat ini, yang selalu membutuhkan kamera yang menawarkan gambar dengan kualitas yang brilian, dan penggunaan yang mudah.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *