Mulai Greget, Ini Jawaban Canon Tentang Kamera Mirrorless-nya

By on February 29, 2016
Canon Mirrorless1

Hingga saat ini Canon masih berkutat dengan seri kamera mirrorless murah mereka yang dibanderol di bawah Rp 10 jutaan. Yang terakhir, pabrikan kamera asal Jepang tersebut merilis Canon M10 yang dibanderol dengan harga Rp 6 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan dengan kamera poketnya, perusahaan ini tampil lebih agresif dengan meluncurkan sejumlah generasi PowerShoot yang tidak murah, sebut saja Canon G5X yang dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan, dan kamera poket Canon G7X Mark II.

Aksi menunggu dari Canon ini telah membuat penggemarnya di Indonesia mulai gregetan. Pasalnya, beberapa kompetitor lainnya, sebut saja Fujifilm dan Sony, keduanya sangat progresif menggarap pasar mirrorless. Lantas, apa sih yang sebenarnya kini dipikirkan Canon?

Dalam keterangannya, Masaya Maeda, selaku Senior Managing Director Canon menyebutkan jika pihkanya saat ini tengah mengembangkan mirrorless high end dan middle end. Walaupun begitu, pihaknya masih belum bisa mengetahui bagaimana dan kapan perangkat ini akan muncul.

Sedangkan menurut kasak-kusuk di kalangan jurnalis, perusahaan ini dikabarkan akan menggebrak dengan menghadirkan kamera mirrorless high end dan middle end tahun depan. Walaupun begitu, hingga saat ini pihak Canon masih enggan membocorkan rahasia dapurnya tersebut.

Bahkan ketika ditanya kemungkinan akan menggunakan desain retro ataukah konvensional seperti yang dimiliki M3 dan M10, perusahaan asal Jepang ini tetap tak bergeming. Masaya menyatakan jika pihaknya bisa berbicara apa saja, tapi kalau urusan strategi, dirinya hanya bisa bilang I don’t know.

Di sisi lain, Fujifilm sendiri justru lebih dulu menggebrak penggemar fotografi dengan meluncurkan X series. Kamera barunya ini hadir dengan mengusung desain retro dan pilihan lensa yang tepat untuk kebutuhan yang jauh lebih spesifik.

Canon Mirrorless

Sedangkan untuk Sony sendiri, perusahaan yang sama-sama asal Jepang ini memiliki pilihan Sony A7 Mark II sebagai pengisi pasar Mirrorless. Hal yang sama pun dilakukan oleh Panasonic dan Samsung, dimana keduanya sudah menyatakan serius menggarap pasar mirrorless.

Dalam penutupnya, Masaya menyatakan jika pihaknya sangat menghormati para kompetiror. Walaupun begitu, dirinya lebih baik menunjukan sikap tenang tanpa harus terprovokasi dengan demam mirrorless yang saat ini sedang naik daun.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *