Mozilla tidak akan Hadir di iOS

By on March 12, 2013
moz-1

moz-1

Aplikasi browser tampaknya memang menjadi salah satu aplikasi wajib untuk perangkat smartphone. Mengingat kemampuan yang dimiliki smartphone dalam memberikan tampilan web yang jauh lebih baik dan memberi akses internet yang lebih baik, hal ini membuat aplikasi browser menjadi salah satu aplikasi yang harus ada di smartphone. Ada banyak aplikasi browser yang beredar. Namun jika berbicara mengenai aplikasi browser favorit, Mozilla adalah salah satunya. Mozilla memang telah memiliki banyak pengguna loyal. Karena itulah aplikasi ini dapat ditemukan hampir di setiap system operasi. Namun tampaknya hal ini tidak berlaku untuk sistem operasi iOS besutan Apple. Meski sebelumnya Mozilla pernah muncul di App Store, tampaknya hal tersebut hanya bertahan untuk waktu yang singkat.

 

Kebijakan Apple yang Menyulitkan Mozilla

Salah satu alasan kenapa Mozilla tidak bisa berkembang di iOS adalah karena kebijakan Apple yang tampaknya selalu mempersulit pihak Mozilla. Meski sebelumnya pernah hadir di App Store, akan tetapi sejak bulan September 2012 aplikasi Mozilla telah dicabut dari toko iOS itu. Alasan utama ketidakadaan Mozilla di iOS adalah karena Mozilla tidak mampu membawa rendering serta javascript engine ke sistem operasi besutan Apple itu. Hal inilah yang membuat Mozilla sulit untuk mengembangkan browsernya untuk iOS. Menurut Sullivan, hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang sangat mendasar. Selain itu Apple juga cenderung menghalangi usernya untuk menggunakan aplikasi perambah selain browser besutan Apple.

moz-2

Mozilla tidak akan Berkembang di iOS

Karena alasan-alasan di atas, Mozilla semakin kesulitan dalam mengembangkan aplikasinya. Bahkan pihak Mozilla mengatakan bahwa Mozilla tidak akan dikembangkan di iOS sampai ada perubahan kebijakan dari Apple. Meski Mozilla adalah salah satu browser yang sukses di banyak platform, tampaknya hal ini tidak berlaku untuk semua platform. Meski demikian, sebenarnya Mozilla masih memiliki banyak pengguna loyal yang menggunakan Mozilla sebagai default browsernya. Hal ini bisa dilihat pada beberapa platform lain seperti platform Windows milik Microsoft hingga turunan Linux. Dan jika dilihat, sebenarnya pengguna Windows dan turunan Linux jauh lebih besar dibandingkan dengan pengguna iOS. Jadi popularitas Mozilla tampaknya akan terus bertahan.

Jika diperhatikan, kebijakan Apple yang terkesan menghalang-halangi Mozilla untuk mengembangkan aplikasinya di Mozilla juga terkait dengan usahanya untuk menekan dominasi Mozilla sebagai perambah internet yang populer. Bahkan jika diperhatikan kembali, browser besutan Apple hingga kini masih belum bisa menyaingi dominasi Mozilla. Meski Safari yang merupakan perambah besutan Apple telah merambah platform lain, akan tetapi kompatibilitasnya masih belum menyentuh semua platform. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Mozilla yang sudah menyentuh beragam platform. Update yang dilakukan oleh Mozilla sebenarnya juga termasuk cepat. Karena itulah Mozilla menjadi salah satu browser yang memiliki keamanan yang baik dan memiliki kemampuan mengakses website dengan cukup baik.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *