Microsoft Surface Pro, Pemain Baru Di Pentas Mobile Gadget

By on March 13, 2013

microsoft-1

Pasar mobile gadget sedunia saat ini semakin panas. Banyak model-model terbaru ditawarkan oleh berbagai pabrikan yang berbeda datang dengan fitur-fitur yang menarik untuk bersaing merebut pangsa pasar. Salah satu yang sering dibicarakan oleh penggila mobile gadget saat ini adalah Microsoft Surface Pro. Microsoft yang sudah lama berkiprah dalam pembuatan software tentu saja bukan nama yang asing bagi para penggila gadget. Meski dibilang masih muda dibandingkan dengan pabrikan mobile gadget lainnya seperti Apple maupun Samsung, perusahaan tersebut tentu tidak mau kalah dalam pasar mobile gadget. Bagi orang yang senang dengan produk Microsoft ada baiknya mengetahui apa saja kelebihan atau kekurangan Microsoft Surface Pro.

microsoft-2

 

Keunggulan Microsoft Surface Pro

Keunggulan yang paling bisa dilihat dari tablet keluaran Microsoft ini adalah layarnya yang lebar. Ukuran lebar screen Microsoft Surface Pro adalah 10,6 inci, lebih besar dari pesaingnya dari pabrikan lain semisal Apple iPad yang berukuran sekitar  9,7 inci. Layar yang lebar tentu berpengaruh besar dalam kenyamanan pemakaian gadget. Sepintas lebar tersebut tidaklah terlalu signifikan tetapi di lapangan bisa dilihat kalau ukuran lebar layar Microsoft Surface Pro sangat membantu.

Cover yang dimiliki Microsoft Surface Pro cukup istimewa dibanding dengan model mobile gadget lainnya. Pada umumnya cover tablet berfungsi paling utama sebagai pelindung muka atau belakang tablet tersebut. Pada Microsoft Surface Pro cover tersebut berfungsi juga sebagai keyboard. Bagi yang terbiasa menulis dengan keyboard fitur ini tentu sangat membantu disamping fitur full touch screen yang dimiliki oleh tablet terbaru dari Microsoft tersebut.

Hal penting lainnya yang membuat Microsoft Surface Pro unggul adalah kapasitas penyimpanannya yang mencapai 128 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut bisa dibilang yang terbesar bila dibanding dengan gadget mobile merk lainnya, semisal iPad yang berukuran hanya 64 GB. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu pengguna bisa lebih leluasa menyimpan berbagai file meski berukuran besar baik berupa video maupun gambar.

Urusan processor tablet keluaran Microsoft tersebut menggunakan nvidia Tegra 3 yang diklaim sebagai salah satu processor tercepat saat ini. Dengan fitur tersebut tentunya tidak akan lagi ditemukan istilah “lemot” pada Microsoft Surface Pro.

Keunggulan lainnya dari Microsoft Surface Pro adalah tablet ini sudah support micro SD, usb port, dan micro HD. Dengan fitur ini urusan transfer data dan file dengan computer, laptop atau mobile gadget lainnya bukanlah hal yang sulit.

 

Kekurangan Microsoft Surface Pro

Tablet keluaran Microsoft ini tidak memiliki sambungan selular layaknya smartphone pada umumnya. Komunikasi jarak jauh pada tablet tersebut menggunakan Wi-fi. Ini tentu sangat disayangkan karena sambungan Wi fi tidak selalu ada disetiap tempat tidak seperti sambungan selular. Meski kapasitas penyimpanan Microsoft Surface Pro yaitu 128 GB tetapi banyak analis masih menyangsikan apakah kapasitas sebesar itu bisa mensuport operating system Windows yang seperti sebagian orang ketahui banyak makan tempat. Bahkan Microsoft Surface yang sebelumnya hanya berkapasitas 64 GB.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *