Mengenal Lensa-Lensa Terbaik Pilihan Fotografer Dunia

By on June 24, 2013
Mengenal-Lensa-Lensa-Terbaik-Pilihan-Fotografer-Dunia-1

Lensa dan Manfaatnya

Dalam dunia fotografi, salah satu komponen paling penting bagi para fotografer, baik profesional maupun amatir, adalah lensa. Ketiadaan lensa dengan kualitas yang baik akan mengganggu aktifitas fotografi, bahkan akan menimbulkan ketidak mampuan menciptakan sebuah gambar yang baik. Itulah sebabnya, dalam proses pemilihan lensa, seorang fotografer hendaknya tahu berbagai macam jenis lensa yang ada, kemampuan macam apa yang ditawarkan oleh lensa tersebut, dan apakah kualitas tersebut merupakan hal yang fotografer cari.

Di sisi lain, seorang fotografer juga harus memperhatikan masalah budget. Tidak lah mengherankan apabila pada akhirnya, memilih sebuah lensa terbaik pilihan fotografer dunia terkadang menjadi suatu hal yang sulit. Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa point-point penting yang perlu menjadi bahan pertimbangan seorang fotografer dalam mencari sebuah lensa.

Ragam Jenis Lensa

Mengenal-Lensa-Lensa-Terbaik-Pilihan-Fotografer-Dunia-2

Pastikan Anda menyesuaikan lensa yang ingin Anda beli dengan jenis kamera yang anda miliki. Sering, beberapa fotografer awam memiliki masalah dengan hal ini. Hal ini penting terutama bagi para fotografer yang memiliki kamera SLR. Karena SLR menawarkan sebuah sistem berbasis, menyesuaikan platform kamera dengan platform lensa mutlak adanya. Sebagai contoh, apabila Nikon adalah platform kamera yang Anda miliki, lensa Mount Canon jelas tidak akan mampu bekerja padanya. Point penting lain, mengingat fotografi memiliki berbagai macam kebutuhan, pastikan Anda tahu jenis fotografi apa yang ingin Anda lakukan.

Sehingga Anda bisa memilih lensa kamera dengan lebih spesifik, mengingat lensa kamera hadir dengan kemampuan yang berbeda-beda dan spesifik pula. Hal ini biasanya berhubungan dengan aperture dan fokus. Apabila dilihat dari konteks ini, lensa dibagi menjadi 5 macam. Lensa standar memiliki ukuran 50 mm. Lensa ini menjadi lensa bawaan apabila Anda membeli kamera DSLR. Sudut pandang dan pembesaran yang ditawarkan oleh lensa jenis ini memiliki kualitas yang sama dengan mata manusia.

Lensa Wide Angle cocok digunakan apabila Anda ingin mengambil gambar suatu object yang besar namun memiliki ruang sempit. Apabila Anda suka fotografi landscape, lensa jenis inilah yang paling cocok. Lensa Fish Eye akan menghasilkan gambar yang melengkung. Sementara Lensa Tele akan mendekatkan suatu object dan biasa digunakan untuk fashion dan atau sport photography. Yang terakhir adalah Lensa Zoom yang memiliki range 80 mm sampai 200 mm. Lensa ini merupakan lensa yang fleksibel dan bisa diatur untuk berbagai macam keperluan.

Untuk contoh tipe lensa, jika Anda ingin terjun dalam fotografi pernikahan, lensa Canon TS-E 45 mm bisa menjadi pilihan utama. Namun apabila Anda adalah seorang pemula, disarankan untuk memakai lensa Canon EF 50mm f/1.2 L USM. Lensa ini sangat fleksibel dan juga sangat terjangkau dari segi harga. Semoga bermanfaat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *