Mengelola Ruang Memori Hard Drive Komputer Tablet

By on April 18, 2013
tab-1

tab-1

Komputer tablet merupakan salah satu gadget yang mengalami penanjakan popularitas beberapa waktu terakhir. Gadget ini semakin banyak digunakan oleh banyak orang karena memiliki nilai kepraktisan yang tinggi guna mendukung berbagai kegiatan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Komputer tablet memiliki fungsi dan fitur yang lebih banyak dibandingkan gadget lain yang berukuran lebih kecil. Pengguna komputer tablet dapat melakukan kegiatan atau mendapatkan fungsi dari gadget ini seperti halnya tengah menggunakan sebuah laptop atau bahkan PC.

Ini merupakan sebuah manfaat yang luar biasa ketika Anda dapat mendapatkan manfaat dari alat yang begitu besar dar memiliki mobilitas rendah dari sebuah gadget kecil dengan nilai kepraktisan yang luar biasa. Meskipun begitu, komputer tablet juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan PC atau laptop terkait dengan kekuatan komputasi atau prosesing serta ketersediaan ruang memori yang terbatas pada gadget yang kecil.

Masalah Komputer Tablet karena Keterbatasan Memori

Kemudahan untuk mendapatkan aplikasi baru dengan cara mengunduh langsung dari app store atau toko aplikasi online seringkali menjadi bumerang bagi pengguna komputer tablet. Salah satunya disebabkan karena kecilnya memori yang tersedia sehingga Anda dapat mengalami krisis memori karena terlalu banyak aplikasi terinstal hanya karena penasaran ataupun lapar mata. Kebanyakan orang akan menghapus aplikasi yang telah tidak berguna, kurang berguna ataupun telah bosan menggunakan aplikasi tersebut.

Yang menjadi masalah adalah, menguninstall sebuah program atau aplikasi tidak sepenuhnya membebaskan ruang memori yang sebelumnya terpakai oleh sebuah aplikasi. Hampir semua aplikasi akan meninggalkan file sementara ketika mengalami proses unisntall. File–file seperti logs, file debug atau laporan kegagalan sebuah aplikasi akan terus tersimpan kecuali pengguna komputer tablet tersebut melakukan pembersihan secara manual.

tab-2

Solusi Membersihkan Memori dari File Sampah

Salah satu cara sederhana untuk membersihkan file sementara atau sampah dari sebuah aplikasi adalah melakukan tindakan penghapusan atau pembersihan cache. Biasanya sebuah aplikasi memiliki pilihan dalam menu berupa clear data atau clear cache. Pastikan Anda memilih menu ini dan mengklik tombol clear sebelum melakukan proses unistall.

Cara sederhana kedua aalah menggunakan aplikasi File Manager untuk melakukan pengecekan folder bekas sebuah aplikasi yang telah diuinstall dari sistem operasi. Kebanyakan aplikasi masih meninggalkan folder setelah proses unistall selesai. Penghapusan folder bekas aplikasi tersebut secara manual menjadi jawaban paling mudah untuk membebaskan lebih banyak ruang dalam memori hard drive. Meskipun begitu, tindakan ini harus dilakukan dengan hati–hati dan memastikan bahwa folder tersebut hanya berisi file sampah.

Menggunakan aplikasi pembersihan ruang memori di hard drive dapat menjadi pilihan lebih lanjut. Anda dapat menemukan banyak pilihan aplikasi untuk melakukan pembersihan ruang memori. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Clean Master Cleaner keluaran dari Ksmobile.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *