Mendengarkan Musik Sambil Mengisi Baterai Smarphone Dengan Headphone OnBeat

By on July 10, 2013
Mendengarkan-Musik-Sambil-Mengisi-Baterai-Smarphone-Dengan-Headphone-OnBeat-1

Teknologi terus memberikan inovasi dengan memperkenalkan alat serta berbagai fitur baru. Beberapa produk teknologi terus mengalami perkembangan dengan penambahan atau penemuan berbagai fitur dan fungsi baru. Beberapa produk terbaru terkait dengan teknologi menggabungkan beberapa fitur atau kegunaan dalam satu produk. Salah satunya adalah produk headphone OnBeat yang tidak hanya memberi fungsi sebagai perangkat mendengarkan musik, namun juga memiliki fungsi menyimpan daya listrik untuk mengisi baterai smartphone.

Pengguna smartphone dapat mengisi baterai sambil mendengarkan musik untuk mendapatkan fungsi two in one dari sebuah perangkat teknologi. Penemuan ini didasari dari kenyataan bahwa mendengarkan musik dari smartphone atau komputer tablet biasanya membuat konsumsi daya listrik menjadi lebih banyak, headphone OnBeat mampu membali kenyataan tersebut dengan memberi solusi catu daya bagi perangkat smartphone atau komputer tablet yang digunakan untuk memutar musik.

Desain Headphone OnBeat

Adalah seorang insinyur audio bernama Andrew Anderson yang berasal dari Glasgow, Skotlandia yang datang dengan sebuah ide brilian untuk menggabungkan sebuah headphone dengan perangkat penyimpan daya listrik yang mampu mengisi daya smartphone atau komputer tablet. Desain awal dan purwa rupa dari headphone OnBeat ini dibuat dengan memasang panel surya pada perangkat headphone, dengan memanfaatkan energi surya, headphone ini mampu menyimpan daya listrik dan mengisi baterai ponsel atau komputer tablet yang terhubung dengan headphone tersebut.

Anderson bersama rekan – rekannya berusaha membuat perangkat headphone yang tidak hanya mampu memberikan kualitas suara yang mumpuni, namun juga memberi nilai lebih lain dengan kemampuan mengkonversi sinar matahari menjadi listrik sekaligus menyimpan dan menyalurkannya sebagai sumber energi untuk mengisi baterai perangkat lain. Riset yang berjalan selama kurang lebih satu tahun tersebut menghasilkan sebuah terobosan baru di bidang perangkat audio dan juga manajemen energi listrik untuk perangkat mobil berukuran kecil.

Fitur Dan Keunggulan Headphone OnBeat

Mendengarkan-Musik-Sambil-Mengisi-Baterai-Smarphone-Dengan-Headphone-OnBeat-2

Pada dasarnya, kualitas audio yang baik untuk mendengarkan musik serta kemampuan mengkonversi energi dari sinar matahari menjadi energi listrik untuk mengisi berbagai macam perangkat mobil menjadi hal terpenting dari penciptaan perangkat headphone OnBeat ini. Sel surya yang fleksible di tempatkan pada headband atau bagian melintang di kepala yang menghubungkan dua buah loudspeaker kecil.

Energi yang diserap dan dikonversi dari sinar matahari yang mengenai panel surya akan disimpan dalam dua buah baterai Lithium Ion yang tersimpan pada dua sisi loudpeaker dari headphone. Selain menggunakan panel surya, headphone OnBeat juga dapat mengisi dan menyimpan daya listrik dari perangkat komputer dengan kabel USB atau langsung dari stop kontak listrik. Pengembangan produk ini didukung oleh perusahaan pendanaan bidang teknologi Kickstarter, produk headphone OnBeat rencananya akan dirilis pada bulan Februari tahun depan dengan bandrol sekitar 1,5 juta rupiah.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *