Mencegah Kehilangan Pulsa saat Mengakses Internet dengan BlackBerry

By on April 18, 2013
blackberry-11

blackberry-11

Semua pengguna telepon pasti tidak ingin mengalami kerugian karena mengalami pemotongan pulsa. Salah satu kasus kehilangan pulsa seringkali terjadi pada pengguna BlackBerry ketika mengakses internet dengan menggunakan gadget tersebut padahal telah berlangganan layanan BlackBerry Internet Service (BIS).

Pasti Anda juga tidak ingin mengalami masalah serupa, tidak ada seorangpun yang sepertinya akan rela kehilangan pulsa untuk suatu layanan yang seharusnya sudah menjadi hak Anda karena telah berlangganan BIS full servis.Mengetahui penyebab kehilangan pulsa dapat menjadi referensi berguna bagi Anda yang juga menggunakan layanan BlackBerry, dengan begitu Anda dapat menghindari kasus kehilangan pulsa karena menggunakan layanan yang sudah tercakup dalam layanan BlackBerry Internet Service.

Penyebab Kehilangan Pulsa pada BlackBerry

Kasus kehilangan pulsa pada pengguna BlackBerry ketika mengakses internet dengan menggunakan gadget mereka seringkali disebabkan oleh kekeliruan metode pengaksesan internet. Penggunaan layanan operator WAP yang tidak disadari oleh pengguna BlackBerry dapat menyebabkan pulsa berkurang tanpa sebab yang jelas. Kasus ini sering terjadi karena pengaturan BlackBerry yang menyatakan bahwa saat koneksi BIS tidak tersedia maka BlackBerry akan mengakses internet dengan menggunakan layanan operator WAP.

Seorang pemilik BlackBerry yang tidak menyadari pengaturan tersebut di dalam gadget yang digunakan biasanya akan merasa bingung karena mengalami kehilangan pulsa yang sepertinya tidak dapat dijelaskan karena merasa mengakses internet dengan gratis setelah berlangganan BlackBerry Internet Service.

blackberry-22

Mencegah Kehilangan Pulsa pada BlackBerry

Cara yang paling sederhana untuk mencegah kehilangan pulsa karena mengakses internet dengan menggunakan BlackBerry anda adalah memastikan bahwa BlackBerry Anda telah menggunakan pengaturan yang tepat sehingga tidak terjadi pengalihan ke layanan operator WAP ketika layanan dari BIS tidak tersedia. Anda harus melakukan pengaturan dengan cara masuk ke menu Option di BlackBerry Anda dan memilih menu Device, kemudian pilih menu Advanced System Setting. Setelah masuk ke menu Advanced System Setting maka Anda harus masuk lagi ke menu Service Book. Setelah masuk ke menu ini akan muncul beberapa pilihan layanan konektivitas dari BlackBerry Anda.

Akan ada beberapa pilihan dari menu tersebut yang harus dihapus guna mencegah BlackBerry Anda mengakses internet selain dengan menggunakan layanan BlackBerry Internet Service yang menjadi bagian dari paket BlackBerry bulanan Anda. Beberapa menu yang harus dihapus antara lain adalah WAP2 Transport, WAP Push Config dan WAP Browser Config. Cara menghapus ketiga menu tersebut adalah meletakkan kursor pilihan pada menu yang dimaksud dan memencet tombol delete atau hapus. Cara kedua dapat dilakukan dengan membuka menu TCIP IP dari menu Advanced System Settings; pilih APN Setting Enabled dan isi kolom kosong APN dengan blackberry.net dengan username dan password tetap dikosongkan kemudian pilih simpan dan Anda akan terhindar dari kehilangan pulsa karena mengakses internet.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *