Memilih Satu dari Sistem Operasi Android dan iOS

By on April 14, 2013
ios-android-1

ios-android-1

Smartphone merupakan salah satu gadget paling populer saat ini; kemampuan gadget ini untuk membantu berbagai kegiatan dan aktifitas manusia dengan fitur dan aplikasi yang dapat ditambahkan membuat gadget ini menjadi barang penting dalam memudahkan berbagai aktifitas dan kegiatan. Saat ini terdapat beberapa tipe smartphone yang populer di pasaran; dua diantaranya menggunakan sistem operasi yang cukup populer yaitu Android dan iOS. Android dikembangkan dengan basis sistem operasi Linux yang didesain khusus untuk mendukung kinerja gadget dengan sistem layar sentuh seperti smartphone dan juga komputer tablet. Android merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan dan dirilis oleh Google. Sedangkan iOS oleh Apple untuk mendukung gadget yang mereka buat seperti iPhone, iPad, iPod Touch dan juga Apple TV.

Membandingkan Kinerja Aplikasi pada iOS dan Android

Beberapa aplikasi menunjukkan kinerja yang berbeda ketika diinstal pada sistem operasi Android dan iOS. Salah satunya adalah Twitter App, pengguna aplikasi Twitter pada smartphone berbasis Android dan iOS tidak akan merasakan perbedaan yang cukup berarti karena kedua sistem operasi dapat mendukung kinerja aplikasi Twitter dengan sangat baik. Sedangkan aplikasi Google Translate bekerja lebih cepat ketika berjalan di sistem operasi Android dibandingkan dengan kinerja aplikasi yang sama di sistem operasi iOS. Untuk aplikasi Soundhound, Android kembali menunjukkan kinerja lebih baik dengan hasil respon yang lebih cepat hingga 13 detik untuk perintah yang sama dibandingkan dengan kinerja aplikasi yang sama yang berjalan di iOS. Sementara untuk aplikasi jejaring sosial Facebook menunjukkan iOS bekerja lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi Android.

Google Maps, ios vs. android, Smackdown Photo: Alex Washburn / Wired

Kesimpulan Perbandingan Kinerja iOS dan Android

Pada dasarnya kedua sistem operasi ini bekerja dalam rata–rata cukup baik untuk mendukung berbagai aplikasi yang populer untuk berbagai keperluan. Beberapa perbedaan performa kedua sistem operasi juga sangat dipengaruhi oleh perangkat keras yang mendukung kinerja kedua sistem operasi tersebut. Kombinasi pilihan perangkat keras, sistem operasi dan aplikasi yang cocok akan menghasilkan performa terbaik.

Masing–masing sistem operasi baik Android dan iOS dikembangkan untuk mendukung kinerja gadget modern dengan ukuran kecil dengan sistem layar sentuh. Meskipun begitu ada beberapa fitur penting yang menunjukkan bahwa salah satu sistem operasi bekerja dengan lebih optimal, seperti untuk aplikasi peta atau map, Google map bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan Apple map. Fakta–fakta tersebut dapat menjadi acuan sederhana dalam memilih produk smartphone atau sistem operasi mana yang lebih disukai dan cocok dengan kebutuhan Anda sebagai seorang pengguna. Sistem operasi Android yang lebih cepat dalam mendukung beberapa aplikasi belum tentu cocok untuk seseorang yang lebih membutuhkan aplikasi yang didukung oleh sistem operasi iOS.

About

One Comment

  1. Yogi Wijaya

    May 3, 2013 at 4:59 am

    android sistem operasi yang menghentikan dominasi apple, sebelum android dateng apple pemain tunggal pembuat smartphone dengan OS yang atraktif, sekarang banyak produsen smartphone besar kaya samsung, sony n htc pake android itu yang membuat dominasi apple sekarang semakin meredup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *