Memilih Lensa Canon yang Cocok Dengan Kebutuhan

By on May 20, 2013
Memilih-Lensa-Canon-yang-Cocok-Dengan-Kebutuhan-1

Memilih-Lensa-Canon-yang-Cocok-Dengan-Kebutuhan-1

Punya kamera Canon standar mungkin sudah cukup buat yang sekedar iseng jepret sana-sini. Tapi seiring dengan banyaknya pengalaman mengambil foto, pasti akan muncul keinginan agar foto yang diambil bisa lebih baik lagi. Di sinilah, pengetahuan mengenai aneka lensa kamera menjadi penting. Secara umum, lensa Canon memang tidak terhitung jumlah dan jenisnya.

Untuk sederhananya, setidaknya orang bisa belajar dulu mengenai penggunaan lensa zoom dan lensa fixed. Secara teknis, lensa Canon punya diameter yang berbeda. Untuk lensa yang mendapat label EF-S, diameter lensa ini termasuk kecil. Lensa ini hanya akan mendukung sensor berukuran APS-C.

Meskipun di sini bisa dilihat ada keterbatasan dukungan teknologi,  berita baiknya adalah sebagian besar kamera DSLR Canon yang ada di Indonesia seperti kamera DLSR canggih Canon Rebel T5i, yang bersensor APS-C. Sedangkan untuk lensa Canon EF, punya diameter yang lebih besar dari lensa EF-S. Di luar 2 jenis lensa ini ada juga seri L atau besar yang dikenal punya kualitas tinggi.

Aneka Pilihan Lensa Zoom Canon

Detail teknis untuk lensa zoom perlu untuk dipahami. Hal ini tak lepas dari adanya perbedaan harga dan fungsi yang bisa dinikmati dari lensa tersebut. Untuk Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS adalah lensa standar yang disertakan dalam paket pembelian awal. Untuk pembelian terpisah, harga kisarannya Rp1,25 juta. Untuk kepentingan merekam video, lensa zoom dasar yang dibutuhkan adalah Canon 18-135mm f/3.5-5.6 IS STM. Fitur STM inilah yang membuat fokus yang lebih baik saat merekam video.

Jika butuh lensa yang bagus saat jalan-jalan, Canon 15-85mm layak dipertimbangkan. Lensa ini ada di kisaran harga sekitar Rp6,6 juta.  Sementara untuk fotografi liputan dan potret, lensa 17-55mm f/2.8 IS adalah pilihan terbaik di kelas standar. Fitur image stabilization cukup membantu saat fotografer harus banyak bergerak. Lensa ini dijual dengan harga kisaran Rp9,6 juta.  Tidak heran jika lensa ini masuk sebagai rekomendasi lensa kamera populer.

Jika sudah terbiasa dengan lensa standar, tidak ada salahnya untuk mencoba Canon EF-S 18-200mm. Lensa ini adalah pilihan siapapun yang ingin lensa lebar dengan tele menjadi satu. Jika menggunakan lensa ini, tidak perlu repot mengganti lensa. Namun kelemahan lensa jenis ini adalah kualitas gambarnya biasa saja. Harga lensa kisaran harganya sekitar Rp6,1 juta. Sebagai alternatif dari Canon EF-S 18-200mm, Canon EF 28-300mm IS USM L bisa dipertimbangkan. Harganya sekitar Rp15 juta. Lensa ini diperuntukkan bagi kamera Canon full frame. Catatan untuk lensa ini adalah desainnya terlalu besar dan juga salah satu produk lama yang  mulai sulit ditemukan.

Lensa Fixed Canon Untuk Keperluan Berbeda

Memilih-Lensa-Canon-yang-Cocok-Dengan-Kebutuha-2

Untuk lensa fixed, tripod sangat dibutuhkan terutama jika ingin melakukan zoom. Lensa Canon 24mm f/1.4 II L bisa dipakai untuk mengambil gambar pemandangan maupun  street photography. Lensa ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 15,5 juta. Sementara itu, Canon 35mm f/1.4L bisa digunakan untuk  kepentingan peragaan busana, pre-wedding, dan street photography.  Lensa ini ada di kisaran Rp13,2 juta.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *