Mau Tetap Pakai Windows XP? Ini Resikonya

By on March 8, 2014
2.Mau Tetap Pakai Windows XP Ini Resikonya 1

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP, kabar ini khusus ditujukan untuk Anda. Pasalnya, pada tanggal 8 April tahun ini, Microsoft akan mengakhiri eksistensi operasi Windows XP. Bukan berarti Anda tidak akan bisa menggunakan OS tersebut. Namun, segala dukungan seperti update tidak akan diberikan lagi, yang mana bisa menjadi sebuah hal yang berbahaya apabila Anda tetap kokoh menggunakan Windows XP.

Sistem operasi PC besutan Microsoft tersebut sebenarnya sudah menjadi bagian keluarga Microsoft sejak tahun 2001. Bisa dibilang, OS tersebut menjadi kebanggaan pihak Microsoft. Sayangnya, kurang lebih 34 hari ke depan, OS tersebut akan resmi dipensiunkan. Seperti yang dilansir oleh Softpedia, pihak Microsoft bahkan sudah memberikan ultimatum terakhir guna memperingatkan para pengguna Windows XP. Peringatan tersebut akan dimunculkan di layar para pengguna secara terus menerus.

Diambil dari blog resmi Microsoft, mulai tanggal 8 Maret besok pihak pengguna Windows XP baik versi Home ataupun Professional akan selalu menerima update via Windows Update berupa notifikasi resmi yang akan tertera di layar komputer. Adapun update tersebut akan menginformasikan bahwa Windows XP akan berakhir pada tanggal 8 April 2014.

aplikasi komputer, windows xp, xp, komputer, resiko

Tidak hanya menebar pesan-pesan terakhir, pihak Microsoft juga mengajak para pengguna Windows XP untuk lebih memahami resiko-resiko yang akan mereka hadapi apabila mereka enggan untuk beralih menggunakan sistem operasi yang lebih modern, terutama bagi mereka yang berasal dari sistem korporasi. Beberapa resiko yang akan mereka hadapi di antaranya adalah:

  1. Apabila sebuah OS tidak lagi mendapatkan dukungan security update yang memadai, OS tersebut akan sangat rentan terhadap serangan-serangan cyber yang tentunya akan membahayakan bisnis dan informasi, baik bagi perorangan maupun perusahaan.
  2. Beberapa masalah software dapat pengguna dapatkan, mengingat software yang pengguna gunakan sudah tidak didukung lagi.
  3. Tidak akan ada lagi dukungan teknis secara online maupun dari call centre apabila suatu kegagalan downtime terjadi. Lebih parah lagi, pihak Microsoft tidak akan bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi dengan Windows XP pengguna.
  4. Bukan tidak mungkin apabila biaya operasi software maupun hardware Windows XP beberapa bulan ke depan akan memberatkan biaya perawatan perangkat yang pengguna harus tanggung. Tanpa menyebutkan bahwa hal tersebut akan membatasi kerja para karyawan.
  5. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, apabila aplikasi pengguna mengalami crash dan tidak dapat beroperasi, maka pengguna tidak akan dapat mengajukan atau mendapatkan bantuan dari pihak Microsoft.

Beberapa pertimbangan di atas pastinya sudah cukup bagi Anda untuk berfikir ulang untuk tetap menggunakan OS Windows XP. Ada baiknya mulai dari sekarang, Anda beralih ke sistem operasi yang lebih baru dan update, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, yang dapat mengganggu kerja Anda.

aplikasi komputer, windows xp, xp, komputer, resiko

BACA JUGA:

Cara Sederhana Mengetahui Error Pada Komputer

Komputer Mati Mendadak, Ini Sebabnya

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *