LG juga akan Turut Meramaikan Pasar Smartwatch

By on April 7, 2013
lg_smartwatch

lg_smartwatch

Beberapa waktu yang lalu teknologi smartwatch ramai dibicarakan oleh banyak orang. Bahkan sudah ada beberapa vendor yang sudah memastikan bahwa pihaknya memang akan mulai memasuki pasar jam tangan. Akan tetapi jam tangan yang dibicarakan disini bukan jam tangan biasa. Jam tangan inilah yang nantinya akan disebut sebagai teknologi masa depan. Jam tangan pintar atau smartwatch ini awalnya sudah mulai dikembangkan oleh Apple. Namun vendor lain seperti Google dan Samsung ternyata juga menyusul dengan turut mengembangkan piranti ini. Menyusul beberapa vendor lainnya, LG juga turut meramaikan pasar smartwatch ini.

Pengalaman Pahit di Masa Lalu

Sebelumnya pada tahun 2009 LG sudah pernah menawarkan produknya yang bernama GD910. Perangkat ini telah dilengkapi dengan teknologi 3G dan layar sentuh. Akan tetapi tampaknya produk tersebut tidak terlalu sukses. Dari sini, LG tampaknya akan memperoleh banyak senjata untuk mensukseskan smartwatch yang kabarnya tengah dikembangkan oleh pihaknya. Sebenarnya hal ini memang masih bersifat rumor. Tidak seperti Samsung yang menyatakan secara langsung bahwa pihaknya akan mengembangkan smartwatch, LG cenderung masih belum memberikan konfirmasi terkait dengan hal ini. Memang tidak ada yang tahu secara pasti apa yang sedang direncanakan oleh LG. Akan tetapi jika menilik dari strategi yang biasa diusung oleh Apple yaitu merahasiakan proyek yang tengah dikembangkannya, tampaknya LG juga menerapkan hal yang serupa. Paling tidak LG akan menutup informasi tersebut hingga saatnya memang telah tiba.

Smartwatch LG akan Menggunakan Firefox OS

Pamor dan reputasi Android memang telah merajai sistem operasi mobile. Namun selain Android ternyata banyak bermunculan sistem operasi mobile lain yang tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur yang unik. Salah satu sistem operasi mobile yang cukup banyak diperbincangkan adalah Firefox OS. Sistem operasi ini adalah sistem operasi besutan dari pengembang browser Mozilla Firefox. Menurut kabar yang beredar, smartwatch LG nantinya tidak akan berjalan di sistem operasi Android seperti kebanyakan produk smartphone. Ada yang mengatakan bahwa smartwatch besutan LG ini akan menggunakan Firefox OS. Jika hal ini memang benar, tentunya akan sangat menarik.

Pasar jam tangan memang diyakini mampu menghasilkan angka penjualan yang cukup besar. Jumlah angka penjualan inilah yang tampaknya ingin diraih oleh para pengembang jam tangan pintar. Namun di sisi lain, smartwatch ini nantinya pasti akan menjadi satu perangkat yang akan menggiring kehidupan manusia ke era yang baru seperti pada saat awal mula kemunculan smartphone. Di masa depan, komunikasi akan jauh lebih mudah. Bahkan para pengguna tidak perlu membawa gadget besar untuk berkomunikasi lagi. Namun untuk mencapai hal itu, masih ada banyak hal yang harus dipikirkan oleh pihak pengembang. Salah satunya adalah bagaimana cara membuat smartwatch ini tahan air, tahan debu, goncangan, benturan dan cuaca yang cukup ekstrim.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *