Komparasi antara iOS 7 dengan iOS 6

By on June 15, 2013
Komparasi-antara-iOS-7-dengan-iOS-6-1

Kehadiran iOS 7 memang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna iPhone maupun iPad. Menurut kabar yang beredar, Apple akan memberikan perubahan yang cukup ekstrem pada salah satu sistem operasinya tersebut. Namun dari beberapa sumber tampaknya Apple juga akan mengambil langkah yang tidak terlalu berbeda jauh dengan apa yang telah diambil oleh Microsoft melalui sistem operasi Windows Phone 8 nya. Jika dibandingkan dengan iOS 6, iOS 7 tampaknya akan hadir dengan desain UI yang lebih minimalis dan tidak terlalu kompleks.

Hadir dengan Desain yang Minimalis dan Fresh

Sebelumnya desain UI iOS memang selalu identik dengan kesan elegan dengan beberapa bentuk 3D yang menawan. Namun trend desain seperti ini tampaknya sudah tidak lagi diusung dalam iOS 7. Pada iOS 7 desain UI yang diambil justru lebih minimalis dan flat. Ini seperti apa yang telah dilakukan oleh Microsoft melalui sistem operasi terbarunya. Dalam iOS 7 pengguna tidak akan menemukan desain UI seperti toolbar ataupun tabbar yang kental dengan warna-warna dan gradasi yang rumit. Warna yang diambil sebagai ikon aplikasi iOS 7 juga terkesan seperti satu warna tanpa terlalu banyak efek gradasi. Ini memberikan kesan simple dan fresh pada iOS 7. Bahkan efek glossy pada setiap ikon juga tidak akan ditemui pada iOS 7.

Tampilan ini tentu memberikan sesuatu yang lebih segar. Saat dipandang, desain UI tersebut juga tampak nyaman di mata. Namun desain seperti ini juga memungkinkan pengguna untuk merasa cepat bosan dengan iOS 7. Jika mempertimbangkan desain yang tampak lebih sederhana, tampaknya iOS 7 akan berjalan lebih ringan dibandingkan dengan iOS 6. Namun kesan elegan iOS 7 tampaknya sedikit berkurang. Jika dibandingkan antara iOs 7 vs iOs 6, iOS 7 tampak sedikit kehilangan sentuhan khas dari Apple yang selalu identik dengan kesan elegan dan berkelas.

Pro dan Kontra iOS 7

Komparasi-antara-iOS-7-dengan-iOS-6-2

Sejak kemunculan screenshot UI iOS 7, banyak bermunculan pro dan kontra baik dari pengamat UI maupun dari pengguna. Dari sisi pro, banyak yang menilai bahwa tampilan iOS 7 tampak lebih fresh dan lebih ringan untuk dipAndang. Namun ada juga yang menilai bahwa UI iOS 7 tampak kekanak-kanakan. Salah satu kritik tersebut disampaikan oleh Joshua Topolsky yang merupakan jurnalis teknologi senior di The Verge. Menurutnya ikon iOS 7 adalah tanda kebingungan dan kesalahan langkah Apple. Ia menilai bahwa langkah yang diambil oleh Apple tampak kurang konsisten. Menurutnya variasi gaya ikonnya tampak terlalu liar. Bahkan tampilan homescreen tampak kurang atraktif dan memiliki kombinasi warna yang tidak seimbang. Menurutnya versi terbaru ini hampir tidak bisa dikenali. Mungkin ada orang yang merasa tertarik dengan desain baru tersebut. Namun bagi beberapa pengguna lain mereka pasti akan tersesat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *