Keunggulan Windows Phone yang Tidak Dimiliki Platform Lain

By on May 13, 2013
Keunggulan-Windows-Phone-yang-Tidak-Dimiliki-Platform-Lain-1

Semua sistem operasi atau OS sebenarnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing–masing. Selain itu, semua juga tergantung pada kebutuhan masing–masing pengguna karena ada pengguna yang lebih cocok menggunakan Android, iOS, Blackberry, dan ada pula yang lebih cocok dengan Windows Phone. Windows Phone merupakan sistem operasi keluaran dari Microsoft.

Smartphone yang hadir dengan Windows Phone memang kebanyakan dari Nokia karena Nokia bekerja sama dengan Microsoft. Smartphone Nokia yang menggunakan Windows Phone sebagai sistem operasinya antara lain Nokia Lumia 920, Nokia 720, Nokia 520 dan lainnya. Sebagai sistem operasi, Windows Phone tentu juga memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan untuk para penggunannya. Berikut ini beberapa keunggulan Windows Phone yang tidak dimiliki oleh platform lain.

Konvergensi Tablet dan Laptop

Laptop dan tablet memang telah berkonvergensi di berbagai macam produk dan Microsoft juga mempunyai Windows 8 yang telah disiapkan sebagai unifikasi perangkat seperti ini. Apple belum memiliki strategi konvergensi karena Apple nampaknya belum berani melakukan kanibal produk seperti yang dilakukan ketika iPhone menggantikan iPod. Mac Mini saat ini hadir untuk melindungi iMac.

Demikian pula, iMac juga dikembangkan dengan melindungi Mac Pro. Sementara itu iPad juga belum mendapat fitur untuk melintasi kemampuan MacBook. Untuk Google, OS Chrome juga belum siap mendukung notebook dan baru digunakan pada Chromebook. Android saat ini juga masih hanya dikembangkan untuk tablet dan smartphone, belum pernah digunakan pada laptop.

Dukungan ARM dan X86

Saat ini ada banyak perdebatan tentang mana yang lebih baik antara ARM atau x86. ARM memberikan efisiensi daya sedangkan x86 mempunyai kekuatan yang terdapat pada chip Intel. X86 juga bisa digunakan pada software yang dirancang untuk Windows 2007 atau yang lebih tua. Adanya perdebatan ini tentu tidak menjadi soal bagi Microsoft karena Windows 8 telah mendukung keduanya. Sebenarnya, Android sudah ada yang kompatibel dengan x86. Namun tidak sebaik dan selengkap pada Windows 8. Sedangkan iOS saat ini hanya mendukung ARM.

User Interface Modern

Keunggulan-Windows-Phone-yang-Tidak-Dimiliki-Platform-Lain-2

User interface pada windows phone ini sebelumnya dikenal dengan sebutan ‘Metro’. Namun, setelah itu diganti dengan sebutan Modern. Windows Phone memang menawarkan User Interface yang modern. User Interface pada Windows 8 memberikan kombinasi responsif yang lebih baik dari iOS dan tenaga serta konfigurasi sebaik Android.

Kemampuan Multitasking

Windows lama memang dikenal sebagai OS yang mendukung multitasking. Namun fitur multi-tasking pada Windows Phone saat ini sudah tampil lebih baik. Saat ini, Windows 8 menawarkan pilihan tampilan lama yang dilengkapi dengan bar untuk pengaturan aplikasi pada dekstop dan tampilan interface yang lebih canggih. Microsoft juga menawarkan fitur alih aplikasi pada interface Modern. Dengan kemampuan ini, Windows Phone 8 nampaknya memang lebih unggul pada kemampuan multi-tasking daripada Android atau iOS.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *