Keistimewaan Kamera Sony Cyber-shot HX300

By on April 12, 2013
Sony-Cybershot-DSC-HX300-1

Sony-Cybershot-DSC-HX300-1

Sony merupakan salah satu produsen kamera digital yang turut bersaing di pasar DSLR maupun kamera saku digital; ada beberapa produk kamera keluaran SONY yang cukup pantas dicatat karena kombinasi kemampuan yang baik serta harga yang cukup terjangkau. Salah satu produk unggulan dari SONY adalah kamera non profesional dengan kualitas dan fitur high end bagi mereka yang ingin mendapatkan kualitas gambar sekelas DSLR namun tidak ingin mendapatkan kerepotan menggunakan kamera dengan fungsi manual. Sony Cyber-shot HX300 didesain untuk memberikan banyak keunggulan untuk kelas kamera non DSLR dengan hasil gambar sekelas kamera profesional.

Spesifikasi Teknis Sony Cyber-shot HX300

Sangat terlihat bahwa SONY ingin mengumpulkan berbagai fitur hebat dalam satu kamera ketika mendesain Sony Cyber-shot HX300. Semua fitur dari kamera baru dari SONY ini jelas dibuat untuk meninggalkan semua kompetitor di kelas kamera yang sama. Dengan CMOS sensor baru dengan resolusi 20.4 megapixel; Sony Cyber-shot HX300 jelas unggul dari produk serupa keluaran dari Canon yang hanya dilengkapi dengan sensor 12.1 megapixel. Selain itu, kemampuan lensa untuk melakukan pembesaran optikal hingga 50 kali juga merupakan sebuah poin sangat penting; jauh meninggalkan kamera sekelas keluaran dari Panasonic yang hanya memberikan pembesaran hingga 25 kali. Lensa dari Carl Zeiss Varion-Sonnar memberikan pembesaran 50 kali; setara dengan lensa 24 – 1200mm. Kemampuan pembesaran lensa yang istimewa sepertinya menjadi ide dari dibuatnya Sony Cyber-shot HX300 mengingat kamera ini dilengkapi dengan lensa yang luar biasa.

Lensa dari Sony Cyber-shot HX300 tetap akan menjadi fokus perhatian dengan penerapan teknologi baru; SONY melengkapi kamera ini dengan cincin fokus manual. Gerakan analog dari cincin fokus manual ini akan dirubah menjadi sinyal digital untuk mengontrol pembesaran dan fokus lensa. Aplikasi teknologi ini sebenarnya masih belum sempurna karena belum dapat menghasilkan tingkat kehalusan kontrol dari sebuah sistem manual fokus analog yang sebenarnya. Kemampuan lensa di atas kebanyakan kamera DSLR membuat Sony Cyber-shot HX300 menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan kemudahan beserta hasil sekelas kamera DLSR dalam satu paket.

Sony-Cybershot-DSC-HX300-2

Desain dan Lay Out Control Panel Sony Cyber-shot HX300

Adapun desain control panel dari Sony Cyber-shot HX300 tetap menjaga kualitas dari generasi kamera digital SONY sebelumnya; kemudahan pembacaan tabel panel kontrol serta pengoperasian atau pemilihan menu membuat Sony Cyber-shot HX300 sangat cocok bagi pengguna kamera pemula. Keunggulan lain yang ditawarkan Sony Cyber-shot HX300 adalah desain bentuk yang ergonomis sehingga kamera ini nyaman untuk digenggam; penggunaan vie finder juga terasa sangat nyaman sehingga pengguna kamera dapat langsung melihat obyek foto dan mengatur komposisi gambar langsung dari melihat melalui view finder. Hal ini membuat pengguna Sony Cyber-shot HX300 serasa memegang sebuah kamera DSLR namun dioperasikan dengan jauh lebih sederhana.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *