Kamera Smartphone Paling Bagus pada Kondisi Minim Cahaya

By on May 21, 2013
Kamera-Smartphone-Paling-Bagus-pada-Kondisi-Minim-Cahaya-2

Jika berbicara mengenai performa dan kecepatan pemrosesan data pada smartphone kelas high end atau ponsel kamera terbaik, tampaknya hampir semua smartphone tersebut memiliki kemampuan yang serupa. Akan tetapi jika berbicara mengenai performa kamera, hal ini bisa berbeda. Karena itulah kamera menjadi salah satu fitur yang kini diunggulkan oleh smartphone kelas high end.

Untuk meningkatkan performa kamera smartphone banyak vendor yang berupaya memasangkan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi. Akan tetapi di sisi lain ada juga vendor yang lebih memilih untuk mengembangkan teknologi kamera yang ada di dalamnya. Sebagai tolak ukur kemampuan kamera, hal ini membuat ukuran pixel kamera menjadi tidak absolut. Lantas kamera mana sajakah yang diunggulkan?

Mengambil Gambar pada Kondisi Minim Cahaya

Mengambil gambar pada kondisi pencahayaan yang cukup tentu bukan hal yang sulit. Akan tetapi bagaimana dengan pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya? Hal ini tentu berbeda. Karena itulah kemampuan kamera dalam mengambil gambar pada kondisi minim cahaya menjadi perhatian utama para vendor smartphone.

Untuk hal mengambil gambar pada pencahayaan yang minim, Nokia berani mengklaim bahwa produknyalah yang memiliki kemampuan terbaik. Salah satu produk yang diunggulkan oleh Nokia itu adalah Nokia Lumia 925 yang baru saja hadir pada 14 Mei 2013 lalu. Sebenarnya Lumia 925 merupakan generasi penerus dari Lumia 920. Akan tetapi dari segi spesifikasi Nokia 925 tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya, namun tetap membuatnya termasuk ke dalam daftar ponsel anyar yang mencuri perhatian. Yang berbeda di sini hanya pada desain dan kameranya saja.

Teknologi kamera smartphone yang digunakan oleh Nokia Lumia 925 adalah teknologi PureView dengan resolusi 8,7 MP, lensa buatan Carl Zeiss dan teknolgi Optical Image Stabilizer. Yang membedakan kamera Nokia Lumia 925 dengan pendahulu dan kompetitornya adalah kesesuaian yang lebih baik antara algoritma software dan engineering kameranya.

Belum lagi adanya penambahan lensa Carl Zeiss. Selain itu Lumia 925 juga dilengkapi dengan software terbaru yakni Nokia Smart Camera. Dengan teknologi kamera tersebut, Nokia Lumia 925 mampu menghasilkan jepretan gambar yang lebih terang. Meski pada kondisi gelap, gambar yang diambil tetap tampak jelas dan cukup pencahayaan.

Kamera-Smartphone-Paling-Bagus-pada-Kondisi-Minim-Cahaya-1

Perbandingan Kamera Nokia Lumia 925 dengan Kompetitor-Kompetitornya

Untuk membuktikan kemampuan kamera Nokia Lumia 925, Nokia juga membandingkannya dengan performa kamera smartphone para kompetitornya seperti Samsung Galaxy S4 , Sony Xperia Z, Apple iPhone 5, dan HTC One. Saat dilakukan pengujian, hasil jepretan kamera Nokia Lumia 925 memang tampak lebih baik di tempat dengan kondisi minim cahaya.

Dari sisi pencahayaan, Nokia Lumia 925 juga mampu memberikan jepretan yang lebih terang. Bahkan hasilnya tampak mendekati hasil jepretan kamera HTC One yang juga mengklaim memiliki fitur kamera yang mumpuni. Sementara itu, kamera smartphone lain tampak lebih gelap bahkan terlihat ada beberapa noise. Jika dilihat dari uji coba ini, tampaknya Nokia Lumia 925 memang memiliki kamera yang sangat canggih.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *