Kamera 100 Megapixel Buatan China

By on July 11, 2013
Kamera-100-Megapixel-Buatan-China-1

Negara Tiongkok kini telah berhasil membuat terobosan baru, setelah mereka ingin meniru kinerja otak manusia dengan Baidu. Kali ini, kamera dengan kemampuan resolusi hingga mencapai 100 megapixel telah berhasil ditemukan. Kamera ini menjadi kamera dengan kemampuan resolusi pixel tertinggi di China, untuk saat ini. kamera yang dari luar tampak seperti kamera digital biasa ini diberi nama IOE3-Kanban.

Kamera dengan kemampuan resolusi luar biasa ini pada mulanya dikembangkan oleh Institute of Optic and Electronics yang berada si bawah pengawasan dari Chinese Academy of Sciences (CAS). Kamera temuan China ini mampu memotret gambar dan menghasilkan foto dengan resolusi gambar berukuran 10.240×10.240 pixel. Ukuran foto seperti ini sangat luar biasa mengingat saat ini, ukuran foto yang standar saja hanya mencapai 4000×4000 pixel. Hal ini tentu merupakan sebuah terobosan baru untuk menghasilkan ketajaman gambar serta kemampuan gambar untuk memperlihatkan detail yang lebih baik.

Keunggulan IOE-Kanban

Pada tanggal 10 Juli 2013 lalu, CAS sempat mengunmumkan temuan kamera 100 megapixel ini. Menurut pengumuman CAS, kamera temuan mereka ini memiliki beberapa keunggulan. Dari luar, kamera ini memang tampak seperti kamera biasa atau bahkan terlalu biasa untuk ukuran pixel yang sangat besar. Bahkan, kamera ini terlihat kecil dan ringan.

Hampir sama dengan berbagai jenis kamera digital yang lain. Selain dari sisi ukuran yang memang unik, kamera 100 megapixel ini diklaim oleh CAS juga mampu bekerja pada suhu sekitar 20 derajat celcius dan suhu tertinggi hingga 55 derajat celcius. Kemampuan memotret seperti ini memang sudah banyak dimiliki oleh kamera lain. Namun, dengan kelebihan kemampuan resousi yang mencapai 100 megapixel, kamera ini tentu memiliki banyak kelebihan yang unik dan bisa diAndalkan pada situasi tertentu.

Mampu Beroperasi pada Suhu Ekstrim

Kamera-100-Megapixel-Buatan-China-2

Selain pada sisi kemampuan resolusi dan juga kemampuan bertahan pada suhu tertentu, kamera IOE3-Kanban ini juga memiki beberapa keunggulan lain. Pada sisi sensitivitas, kamera ini juga dinilai memiliki sisi sensitivitas yang tinggi. Kamera ini bisa menangkap momen-momen dengan pas tanpa khawatir gambar akan pecah. Selain itu, kemampuan high dynamic range (HDR) yang ditawarkan juga melebihi kamera digital biasa. Jika Anda menggunakan kamera ini untuk memotret dari udara, Anda masih bisa melihat detail seperti halnya pencitraan satelit. Ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk pembuatan citra untuk tujuan pemetaan udara, perencanaan kota atau yang lain. Di samping itu, kamera ini juga sangat bermanfaat untuk memantau kondisi bencana dan merencanakan sistem transportasi yang baik.

Ada satu lagi kelebihan yang dimiliki kamera beresolusi tinggi ini. CAS menyatakan bahwa kamera ini juga dilengkapi dengan sistem optik paling baru yang belum ada pada kamera buatan China lainnya. Selain sistem optik yang baru, kamera ini juga memiliki kontrol kamera dan sistem merekam data dengan kapasitas yang sangat tinggi. Beberapa waktu lalu, kamera ini diuji coba dengan menggunakannya sebagai sistem pencitraan udara dengan jarak jauh. Hasilnya, kamera ini terbukti sukses mampu menghadirkan pencitraan yang detail dan jelas.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *