Intel Akan Merilis Oncue Sebagai Layanan TV Internet

By on July 14, 2013
Intel Akan Merilis Oncue Sebagai Layanan TV Internet-1

Intel telah diam-diam telah mempersiapkan diri untuk meluncurkan layanan TV dengan nama OnCue, dan telah mendaftarkannya sebagai merek dagang di seluruh dunia. OnCue dijadwalkan akan dirilis akhir tahun ini dan siap bersaing dengan layanan TV kabel konvensional yang sudah lebih dulu hadir di masyarakat.

Intel telah terbuka dengan rencananya untuk memperkenalkan layanan TV berbasis internet, tetapi masih ada pertentangan dan perdebatan berkaitan dengan merek dagang OnCue. Pada bulan Mei, sebuah perusahaan Shell bernama Sest Inc telah mendaftarkantiga merek dagang yang berhubungan dengan OnCue kepada US Patent dan Trademark Office. Legalisasi merek dagang tersebuttermasuk pendaftaran layanan berlangganan untuk saluran TV, program TV dan berbagai film yang ditayangkan.

Legalisasi merek dagang tersebut sangat identik dengan nama merek dagang yang diajukan oleh perusahaan Intel pada tahun ini. Fakta membuktikan bahwa sebagian kata yang berkaitan OnCue diplagiat, seperti menyediakan teks, data, gambar, audio, video,game dan konten multimedia yang bisa diakses dengan cara langganan pra bayar.

Ternyata bukan itu saja kesamaan yang ditemui pada hal yang berkaitan OnCue. Sest Inc juga telah sibuk mengajukan sejumlah aplikasi merek dagang di luar Amerika Serikat, seperti Kanada, Meksiko dan Eropa. Di Eropa, perusahaan tersebut menggugatberbagai merek dagang Intel lain di masa lalu, termasuk menggugat originalitas merek dagang Intel Inside.

Namun, Account Director Intel OMD baru-baru ini menyatakan bahwa OnCue adalah merek dagang yang dikembangkan oleh Intel Media. Sebagai terobosan terbaru dalam layanan TV yang menghadirkan streaming video, saluran TV kabel dan pilihan jaringan TV lainnya. OMD adalah mitra Intel yang berperan sebagai biro iklan dan branding produk yang telah lama bekerjasama.

Intel Akan Merilis Oncue Sebagai Layanan TV Internet-2

OnCue menawarkan banyak kemudahan pada pelanggannya. Salah satunya menghadirkan fitur BBC iPlayer, yang merupakan layanan penyimpanan tayangan. Sehingga konsumen bisa menonton tayangan yang terlewatkan selama tujuh hari terakhir, bahkan lebih.

Aplikasi merek dagang Sest Inc  juga menampilkan logo dan tagline yang sama, yaitu “TV has come to its senses”. Pada kasus terakhir, berhubungan dengan penggunaan sensor untuk memfasilitasi dan mengotomatisasi konten rekomendasi.

Namun Pimpinan Intel Media, Erik Huggers mengungkapkan pada bulan Februari bahwa perusahaan Intel akan menampilkankeunggulan yang berbeda. Intel akan mengaplikasikan kamera yang berfungsi dalam mengenali penonton layanan TV danmerekomendasikan konten yang sesuai.

Berkaitan dengan gugatan yang dilancarkan Sest Inc mengenai merek dagang OnCue, logo dan tagline atau slogan layanan tersebut, pihak Intel masih bungkam untuk menjelaskan permasalahan tersebut. Pihaknya telah mengambil pendekatan hati-hati dalam menentukan merek dagang dalam bidang TV internet. Jadi mengenai kesamaan nama mungkin saja terjadi tanpa faktor kesengajaan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *