Ide dan Tips Mencegah Pencurian Data di Smartphone

By on April 9, 2013
5.-Ide-dan-Tips-Mencegah-Pencurian-Data-di-Smartphone

5.-Ide-dan-Tips-Mencegah-Pencurian-Data-di-Smartphone

Sudah dapat dipastikan bahwa semua masyarakat modern tentu amat bergantung pada teknologi ponsel guna menunjang kualitas komunikasi yang mereka punya. Terlebih lagi adalah sekarang ini masyarakat juga cenderung untuk membeli smartphone yang berfungsi lebih, tidak hanya untuk berkomunikasi. Bagi semua pemilik smartphone, yang perlu dihindari adalah sebuah masalah yaitu pencurian data pada smartphone Anda. Pencurian tersebut dapat benar-benar merepotkan karena orang lain dapat memanfaatkan data yang ada di smartphone Anda untuk tujuan yang buruk dan merugikan tentunya. Banyak sekali sebab mengapa kasus pencurian data di smartphone terjadi. Namun Anda dapat melakukan usaha untuk mencegah terjadinya pencurian data tersebut terjadi.

Tips mencegah pencurian data di smartphone yang pertama adalah jangan pernah meminjamkan ponsel Anda ke orang lain. Hal ini adalah kesalahan fatal yang paling umum dilakukan para pemilik ponsel khususnya ponsel smartphone. Yang dinamakan telepon genggam tentu saja merupakan barang pribadi yang tidak boleh diakses oleh orang lain meskipun dia adalah keluarga Anda sendiri. Tips yang kedua adalah dengan mengaktifkan fitur proteksi sandi yang disediakan di ponsel Anda. Hampir semua jenis smartphone memiliki fitur keamanan tersebut tentunya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang enggan dan malas dalam melakukan proteksi data tersebut. Dalam hal ini Anda harus benar-benar paham pentingnya fitur tersebut untuk diaktifkan guna mencegah pencurian data yang dapat terjadi.

SmartphoneSecurity

Bila Anda memiliki banyak password yang Anda pergunakan untuk mengakses bermacam akun yang Anda miliki, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menginstal sebuah aplikasi yaitu password keeper. Tujuannya adalah untuk menyimpan semua password tersebut dalam suatu aplikasi yang tentu memiliki kualitas keamanan yang baik. Memang tidak semua jenis smartphone dapat sesuai dengan aplikasi tersebut namun setidaknya Anda perlu berusaha mencari aplikasi yang sesuai tentunya. Tips berikutnya adalah dengan melakukan enkripsi bluetooth terhadap data-data yang Anda punya, tujuannya adalah untuk memastikan data tersebut semuanya memiliki format yang lebih aman. Bagi para pemilik smartphone, enkripsi data tersebut tentu wajib untuk dilakukan.

Tips yang lain adalah dengan mencegah masuknya akses orang lain pada ponsel Anda melalui fitur bluetooth. Disini yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai perlunya mematikan fitur bluetooth bila Anda sedang tidak menggunakannya. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko terkena hacking dan penyebaran virus melalui fitur bluetooth yang Anda punya. Bersih-bersih memori juga perlu untuk dilakukan bila Anda memang benar-benar ingin menghindari permasalahan pencurian data melalui smartphone Anda. Satu lagi adalah untuk selalu melakukan pembersihan cache setelah Anda melakukan browsing melalui ponsel smartphone Anda. Karena dari history cache tersebutlah biasanya orang lain dapat melakukan phising dan hacking terhadap data yang Anda punya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *