Headphone Pembaca Suasana Hati

By on March 14, 2013
necomimi-1

necomimi-1

Perkembangan gadget tampaknya semakin canggih saja. Akan tetapi di sisi lain gadget juga berkembang menjadi bentuk yang lebih unik. Sudah banyak gadget yang memiliki desain unik. Bahkan ada juga gadget yang memiliki fungsi yang unik. Jika berbicara mengenai teknologi yang unik, Jepang adalah gudangnya. Mulai dari teknologi robot hingga teknologi yang terkesan remeh ada disini. Dan kini Neurowear yang merupakan salah satu perusahaan di Jepang membuat satu gadget unik yang diklaim mampu membaca suasana hati penggunanya. Teknologi seperti apakah itu? Tentunya akan sangat menarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai headphone pembaca suasana hati ini.

Tampil dengan Model yang Unik

Tampaknya headphone pembaca suasaha hati yang diberi nama Necomimi ini tidak hanya tampil dengan teknologi yang unik. Tampilan dari produk inipun juga unik. Dengan model telinga kucing, headphone ini akan membuat penggunanya terlihat seperti karakter dalam film anime Jepang. Disamping itu, headphone ini juga memiliki sensor yang terletak pada dahi serta klip yang terpasang untuk telinga penggunanya. Sebenarnya dari sisi bentuk headphone ini muncul dalam beragam bentuk. Ada juga headphone yang didesain dengan model yang terlihat cukup umum seperti headphone pada umumnya. Namun hal yang paling menarik dari headphone ini adalah kemampuannya.

 

necomimi-2

 

Teknologi Pembaca Perasaan

Sebenarnya teknologi pembaca perasaan yang tertanam pada headphone ini lebih diterapkan pada pemilihan musik. Saat penggunanya merasakan suatu emosi tertentu, headphone ini akan memilihkan lagu yang paling sesuai dengan suasana hati penggunanya. Untuk media penghubungnya, headphone ini menggunakan teknologi Bluetooth dan dapat dihubungkan ke Smartphone. Untuk pemilihan lagunya sendiri, headphone ini mampu memilihkan sekitar 100 lagu yang paling sesuai dengan suasana hati penggunanya.

Pemutaran lagu bergantung pada emosi yang sedang dirasakan oleh pengguna headphone ini. Saat emosi penggunanya berubah, maka lagu yang diputar juga berubah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh perusahaan, fitur Neuro Tagged ini telah teruji dan dipastikan cocok dengan suasana hati penggunanya. Saat suasana hati penggunanya berubah, maka headphone akan memberikan signal khusus melalui Etch-a-Sketch stylenya. Teknologi ini bisa menjadi awal dari teknologi yang mampu mengenali perasaan atau emosi manusia. Dan jika semakin dikembangkan, bukan hal yang mustahil kalau beberapa teknologi lain juga akan mengimplementasikan teknologi ini.

Untuk saat ini, headphone ini memang masih dalam tahap prototype awal. Desainnya juga masih belum cukup layak untuk dikomersilkan. Bahkan untuk mengendalikan LED merah pada sisi telinga, headphone menggunakan baterai besar dengan kotak 3D. Menurut pihak pengembang, ada kemungkinan bagi perusahaan untuk bekerjasama dengan Spotify. Hal ini dilakukan agar lagu yang bisa dimainkan bisa berjumlah lebih dari 100 lagu. Teknologi ini masih belum dijual untuk umum. Untuk itu bagi orang-orang yang berminat tampaknya harus menunggu hingga gadget ini benar-benar direlease ke publik.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *