Hal yang Membuat BlackBerry tetap Bernilai

By on August 20, 2013
30.Hal-yang-Membuat-Blackberry-tetap-Bernilai_2

BlackBerry memang dikenal sebagai salah satu perusahaan besar di pasar smartphone. Namun perjalanan BlackBerry untuk mencapai itu semua tidaklah mudah. Bahkan saat ini di saat popularitas BlackBerry begitu melejit, perusahaan ini masih saja dihantui dengan persaingan pasar yang semakin ketat. Meski telah meluncurkan beberapa varian handset baru dengan kemampuan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya, BlackBerry masih harus bersaing dengan vendor smartphone lainnya.

Saat ini BlackBerry, yang akan segera meluncurkan BlackBerry Q5, juga dinilai sedang berada dalam kondisi kritis. Untuk terus bertahan, pihaknya masih mempertimbangkan beberapa pilihan strategis. Banyak alternatif yang sedang dipertimbangkan. Bahkan untuk meningkatkan nilai perusahaan, BlackBerry sempat mempertimbangkan untuk menjadi perusahaan privat, membangun perusahaan patungan hingga menjual perusahaan.

Isu Kebangkrutan BlackBerry

Isu mengenai kebangkrutan BlackBerry sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sejak kegagalan BlackBerry saat masih bernama RIM, perusahaan ini dinilai sudah mulai kehilangan sentuhannya. Popularitas dan keuntungan yang berhasil diraih oleh perusahaan ini juga banyak mengalami penurunan. Meski demikian, banyak pihak yang menilai bahwa BlackBerry masih memiliki asset berwujud paten yang dinilai dapat meningkatkan harga dirinya.

Sejak tahun 1984, perusahaan ini telah banyak melakukan penelitian sehingga menciptakan beragam paten dan aplikasi yang bernilai jual. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh AllthingD, jumlah paten BlackBerry telah mencapai angka 9000. Jumlah tersebut meliputi 5236 paten aktif di Amerika Serikat dan 3730 aplikasi aktif di industri komunikasi. Dengan jumlah paten dan aplikasi sebesar ini, diperkirakan BlackBerry memiliki asset bernilai milliaran dolar AS.

BlackBerry Dinilai Masih sangat Berharga

30.Hal-yang-Membuat-Blackberry-tetap-Bernilai_1

Jika mempertimbangkan nilai paten dan aplikasi yang dimiliki oleh BlackBerry, tampak jelas bahwa perusahaan ini memang masih berharga untuk dipertahankan. Bahkan menurut Chris Marlett seorang pakar dari perusahaan bank investasi yang fokus pada hak dan kekayaan intelektual MBD Capital Group, ia menilai bahwa paten yang dimiliki oleh BlackBerry masih sangat berharga. Bahkan menariknya lagi, tidak menutup kemungkinan jika paten-paten tersebut banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Menurutnya jika ada perang penawaran, nilai paten BlackBerry dapat mencapai 4 milliar hingga 5 milliar dollar AS.

Nilai di atas memang sangat tinggi. Akan tetapi ceritanya akan berbeda jika paten BlackBerry dibeli oleh sebuah konsorsium yang sepakat untuk melakukan lisensi silang, nilai paten tersebut diperkirakan dapat turun menjadi 2 milliar atau 3 milliar dollar AS. Hingga saat ini diperkirakan ada beberapa perusahaan teknologi besar yang tertarik dengan paten yang dimiliki oleh BlackBerry. Beberapa perusahaan tersebut diantaranya adalah Google, Apple, Samsung, Lenovo, IBM, Cisco hingga Microsoft.

Jika memang akan dijual, nilai paten BlackBerry di dunia nyata dapat dibandingkan dengan beberapa perusahaan lain yang sudah laku terjual. Sebagai perbandingan, perusahaan Nortel yang memiliki 6000 paten berhasil terjual di harga US$ 4,5 miliar sedangkan Motorola yang memiliki 17.000 paten dan 7500 aplikasi dijual dengan harga US$ 12,5 miliar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *