Google Glass akan Dijual di Kisaran 3 Jutaan

By on August 26, 2013
Google Glass akan Dijual di Kisaran 3 Jutaan_1

Google Glass merupakan salah stau proyek besar yang kini tengah dikembangkan oleh Google. Meski perangkat ini telah lama diberitakan, namun wearable gadget ini masih belum dijual secara massal. Hanya para developer sajalah yang kini sudah dapat menikmati kemampuan dan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Google Glass. Namun ada kabar yang mengatakan bahwa versi komersiil Google Glass ini akan segera diluncurkan pada tahun 2014.

Proyek yang telah dikerjakan semenjak 3 tahun yang lalu ini memang telah berhasil menyita perhatian publik. Namun sebelum peluncuran Google Glass ke pasaran, banyak juga yang bertanya-tanya mengenai kisaran harga yang akan dibanderol untuk wearable gadget ini. Lantas berapakah harga Google Glass ini nantinya? Meski harga Google Glass versi developer dinilai sangat mahal, para analis mengatakan bahwa Google Glass versi komersiil akan dibanderol dengan harga yang lebih murah.

42.Google Glass akan Dijual di Kisaran 3 Jutaan_2

Kisaran Harga Google Glass

Sebagai gambaran saja, Google Glass versi developer dijual seharga USD 1500. Ini setara dengan sekitar Rp 14 juta. Namun harga ini hanya khusus untuk para developer saja. Hal ini tampaknya cukup wajar mengingat nilai eksklusivitas dan material yang digunakan untuk Google Glass versi developer.

Meski harga Google Glass versi developer ini dinilai cukup tinggi, kabarnya Google Glass versi end user akan dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah. Bahkan menurut lembaga riset asal Taiwan yang bernama Topology Research Institute memperkirakan bahwa harga Google Glass versi komersiil hanya akan dibanderol di kisaran harga 3 jutaan saja. Perkiraan ini muncul atas dasar harga material Google Glass versi komersiil yang dinilai hanya berkisar antara USD 30 hingga USD 35. Komponen tersebut adalah proyektor mini buatan perusahaan Himax Display.

Meski banyak yang memperkirakan bahwa Google Glass tidak akan dibanderol dengan harga lebih dari 5 juta rupiah, tidak menutup kemungkinan kalau Google Glass akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari perkiraan tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan harga komponen lain yang nantinya akan digunakan dalam perakitan Google Glass. Namun berapapun harganya nanti, besar kemungkinan kalau Google Glass versi komersiil akan dibanderol dengan harga yang lebih murah dari Google Glass versi developer, terlebih mengingat produksinya yang lebih bersifat massal.

Fitur dan Kemampuan Google Glass

Google Glass ini nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat menarik. Selain mampu menampilkan gambar high definition, Google Glass juga dilengkapi dengan kamera 5 MP yang mampu mendukung perekaman video HD beresolusi 1280 x 720 pixel. Selain itu perangkat ini juga telah dilengkapi dengan memori internal sebesar 16 GB, WiFi, Bluetooth hingga Audio Bone Conduction Tranducer. Sedangkan untuk kompatibilitasnya, kabarnya Google Glass telah kompatible dengan semua ponsel dengan kapabilitas Bluetooth.

List Aplikasi Google Glass yang Bocor ke Publik2

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *