Gempuran Teknologi, Akankan Blackberry Bertahan?

By on March 6, 2013
Gempuran Teknologi, Apakah Blackberry akan Bertahan?

Blackberry Tak Lagi Bersuara. Benarkah?

Gempuran Teknologi, Apakah Blackberry akan Bertahan?

Kemunculannya di Indonesia pada tahun 2004 silam cukup menggemparkan masyarakat pecinta gadget di Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia yang sebelumnya dikuasai oleh ponsel berbasis symbian seperti yang didominasi oleh Nokia, seperti mendapat sebuah pencerahan dengan hadirnya Blackberry yang menawarkan segudang fitur baru yang semakin memudahkan kita berkomunikasi. Sebut saja Blackberry Messenger atau BBM, sebuah fasilitas chatting seperti Yahoo Messenger. Namun BBM ini bekerja melalui jaringan Blackberry yang dipayungi oleh Research In Motion (RIM), dan setiap handset memiliki kombinasi angka dan huruf unik, yang dikenal dengan pin.

Kejayaan Blackberry di Indonesia sedikit terganggu saat perkembangan teknologi memacu para teknokrat untuk menghadirkan lawan bagi Blackberry. Ya, Amerika Serikat hadir dalam balutan ponsel pintar iPhone. Ponsel pintar satu ini juga menawarkan berbagai kemudahan komunikasi, disertai desainnya yang begitu memanjakan mata. Tak hanya iPhone, teknologi yang lebih maju lagi dihadirkan oleh Android, sebuah sistem yang berbasis open source. Tak pelak lagi, langkah Blackberry di dunia gadget modern, semakin berat, apalagi Nokia juga menggandeng brand teknologi terkemuka untuk membuat Windows Phone.

Lalu, Apa Langkah Blackberry?

Sebenarnya, pamor Blackberry di Indonesia masih cukup tinggi dibanding para kompetitornya. Meskipun awalnya blackberry hadir sebagai ponsel pintar berharga mahal, namun kini kalangan menengah pun sudah bisa menikmati serunya berkomunikasi menggunakan Blackberry yang berbandrol harga murah. Langkah itu, tentu saja kian mengokohkan posisi blackberry di percaturan gadget tanah air.

Untuk menyasar dan menjaga para konsumen kelas atasnya, baru-baru ini Blackberry meluncurkan generasi terbarunya, yang berbalut sistem operasi terkini, yaitu Blackberry Z10. Sepintas, bentuknya memang mirip sekali dengan ponsel pintar milik Apple, iPhone, yang mengambil bentuk candy bar disertai dengan layar sentuh di sisi mukanya. Tampilan luarnya secara umum menimbulkan kesan mewah dan seolah membuat Blackberry Z10 berada di kasta teratas. Memang, sebelumnya Blackberry pernah memiliki produk premiumnya, Blackberry Porsche Design yang berbandrol hingga puluhan juta rupiah.

Gempuran Teknologi, Apakah Blackberry akan Bertahan?

Blackberry Z10

Blackberry Z10 masih diperkuat dengan fitur BBM yang menjadi senjata utamanya. Selain itu, disematkan pula kamera utama canggih dengan resolusi  8 megapixel, ditambah lagi aplikasi BBM video call yang lebih seru. Untuk mendukung fitur baru ini, sebuah kamera depan 2 megapixel membuat BBM video call semakin mengasyikkan. Selain itu, jika kita bedah bagian dalamnya, ponsel pintar ini sudah menggunakan Operating System terbaru, yaitu Blackberry OS 10.

Dengan berbagai penyempurnaan tadi, Blackberry Z10 tidak datang dengan harga yang murah memang. Namun, banderol harga yang berkisar di angka 6,9 juta rupiah, dianggap cukup bersaing dengan iPhone 5, serta membuat pihak Blackberry merasa cukup percaya diri bahwa produk barunya ini akan sukses di pasar Indonesia.

About Nurandi Andika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *