Gadget Review: Dell Xps 14

By on March 19, 2013
dell-1

dell-1

Setelah beberapa waktu lalu sukses meluncurkan produknya yaitu, Dell XPS 14z, kini produsen laptop Dell kembali hadir dengan produk unggulan mereka terbaru, Dell XPS 14. Bedanya dari produk pendahulunya adalah tampilan tipe XPS 14 ini lebih ramping. Dengan ketebalan laptop hanya 2 cm dan juga tampilan luar warna perak yang memberi kesan mewah pada gadget ini. Dell XPS 14 hadir dengan layar 14 inch tetapi juga ada yang yang berukuran 15.5 inch (tipe XPS 15). Keunggulan dari Dell XPS 14 ini adalah dari kekuatan casingnya. Kebanyakan Ultrabook hanya mengunggulkan ketipisan tampilan, keringanan beban, dan juga daya operasional yang lama. Namun, kebanyakan ultrabook yang deimikian banyak dikeluhkan memiliki struktur fisik yang terlalu ringkih dan tidak kuat. Kali ini, Dell hadir dengan tipe XPS 14 dengan casing kokoh dengan bahan aluminium keras yang dipadukan dengan magnesium pada daerah palmset.

Keunggulan Desain dan Casing

Jika di bagian luar Dell tipe XPS ini casing yang digunakan sudah jelas kekuatannya, bagian dalam dari ultrabook ini memanfaatkan bahan silikon. Dengan perpaduan aluminium keras dan magnesium di bagian luar serta pemanfaatan silikon untuk bagian dalam, panas dari ulrabook ini akan cepat merata. Panas yang cepat merata ini akan menyebabkan ultrabook mampu mengontrol suhu sehingga panas tidak hanya berpusat pada bagian tertentu saja. Selain itu, dengan kombinasi bahan-bahan seperti itu, Dell XPS 14 memiliki berat hingga lebih dari 2 kilogram. Hal ini membuat banyak pihak yang ragu untuk menyebut Dell XPS 14 ini sebagi ultrabook karena konsep ultrabook sendiri adalah ringan dan tipis.

Dell XPS 14 memang terbilang sangat kuat untuk casing. Meskipun demikian, produk keularan Dell yang terbaru ini juga ternyata dilengkapi dengan layar yang dilapisi dengan Gorilla Glass. Gorila Glass merupakan tipe kaca yang terkenal sangat tangguh dan mampu menahan benturan hingga beberapa kali. Selain itu, layar Gorilla Glass ini juga mampu melindungi tampilan layar yang memiliki kapasitas resolusi hingga 1600 x 900 pixel. Hal ini menunjukkan bahwa Dell memang benar-benar merancang laptop ini untuk pemakaian luar ruangan. Desain casing yang tangguh dan ketahanan layar yang ekstra membuat laptop ini akan mampu bertahan untuk digunakan di luar ruangan. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan batery Lithium Polymer 8 sel yang memang sengaja dijadikan satu sehingga tidak dapat dibuka atau dicopot.

 dell-2

Kelengkapan Fitur

Dell XPS 14 ini dilengkapi dengan mesin processor Core i5 atau i7. Selain itu, komputer hebat ini juga dilengkapi dengan kapasitas RAM hingga 8 GB dan chip dari Grafis nVidia GeForce GT 630M. Untuk tujuan melakukan render grafis 3D, laptop ini sudah cukup memadai untuk menjalankan program tanpa tersendat. Chip nVidia tersebut terbukti mampu memainkan game di laptop yang tergolong tidak terlalu berat. Satu hal yang menjadi kelemahan fitur laptop ini adalah keterbatasan dalam hal fasilitas I/O. Selain itu, Dell tidak menyediakan optical drive yang biasanya disediakan untuk laptop yang berbobot besar. Bagi Anda yang memiliki mobilitas luar ruangan yang tinggi, Dell ZPS 14 ini tampaknya cocok menunjang aktivitas Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *