Gadget Review: Blackberry Z10

By on March 19, 2013
b10-1

b10-1

Beberapa saat lalu, banyak pihak yang terkejut dengan keluarnya versi terbaru dari Blackberry. Dengan konsep dan desain yang baru, Blackberry terasa terlahir kembali. Blackberry Z10 yang dijalankan dengan sistem operasi Blackberry 10 ini merupakan bukti dari perubahan yang tergolong cukup radikal mengingat prodduk Blackberry pada generasi sebelumnya yang itu-itu saja. Kali ini, Blackberry Z10 hadir jauh lebih baik, lebih modern, dan tentu saja lebih stylish dan intuitif. Pembicaraan Blackberry Z10 kali ini akan dimulai dari desain. Jika Anda berpikir bahwa Blackberry Z10 menyerupai iPhone, Anda salah besar. Dari tampak depan, Blackberry Z10 memang memiliki desain sudut yang membulat. Namun, Blackberry Z10 tidak memiliki tombol luar di bagian depannya.

 

Keunggulan Desain

Dari tampak depan, Blackberry Z10 sudah menunjukkan ciri khas sendiri yang bisa dibilang cukup inovatif dan futuristik. Di bagian bawah layar, terdapat logo dan teks Blackberry. Selain itu, tombol untuk power dan jack audio ditempatkan di bagian sisi atas. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa penempatan tombol di sisi atas layar ini dianggap kurang nyaman, Blackberry memang sudah terbiasa dengan tombol yang diletakkan di sebelah sisi bagian atas. Pada bagian samping kanan dari Blackberry Z10, terdapat tombol Voice Control yang berfungsi untuk mengatur volume. Pada bagian sisi kiri Blackberry Z10, terdapat lubang untuk Micro USB dan juga untuk Micro HDMI.

Pada bagian belakang Blackberry Z10, terdapat logo Blackberry yang memang sudah terkenal itu. Casing belakang terbuat dari bahan plastik yang juga sudah dilapisi dengan material khusus yang meemiliki gestur lembut sehingga terasa nyaman dan mantap ketika digenggam. Ketebalan Blackberry Z10 yang hanya 4.2 inch serasa sangat pas dan ideal di tangan. Dengan pefroma baru dan layar yang kinclong, Blackberry Z10 sebenarnya diprediksi akan mampu menyedot perhatian. Namun, pada kenyataannya Blackberry Z10 tidak begitu menyita perhatian publik.

 b10-3

Fitur Browsing Internet

Blackberry Z10 sebenarnya telah dilengkapi dengan aplikasi browser bawaan yang tergolong cepat. Browser dari Blackberry ini mampu merespon secara cepat berbagai perintah dan juga navigasi. Selain itu, browser pada Blackberry Z10 tergolong lebih baik jika dibandingkan dengan versi Blackberry yang sebelumnya. Pada fitur browsing kali ini, Blackberry mengandalkan kolom untuk menulis alamat situs di bagian bawah layar. Tampilan seperti ini membuat halaman situs terasa lebih luas dan para pengguna internet dengan Blackberry Z10 akan lebih nyaman untuk berselancar di dunia maya.

Satu hal yang tergolong unik dari Blackberry Z10 adalah kemampuannya untuk mengatur modus reader yang pada akhirnya akan menampilkan teks dan juga gambar yang sedikit untuk setiap halaman situs. Modus reader ini menggunakan teknologi kompresi yang irit dengan bandwidth internet dengan kuota kecil.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *