Fitur Baru pada Android 4.3

By on July 27, 2013
65.Fitur Baru pada Android 4.3_1

Android adalah salah satu platform smartphone yang saat ini sangat digemari. Banyak vendor ponsel yang berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone Android berfitur canggih. Spesifikasi hardware yang tinggi memang menjadi tolak ukur kecanggihan suatu smartphone. Akan tetapi tanpa adanya dukungan software yang mampu mengoptimalkan hardware tersebut maka spesifikasi hardware yang tinggi akan terkesan sia-sia.

Saat ini Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean memang menjadi versi Android yang paling digemari. Kekayaan fitur yang dimiliki dan kecanggihan yang dimiliki oleh kedua versi Android ini memang menjadi alasan mengapa versi Android ini begitu populer. Akan tetapi Google kembali menawarkan fitur-fitur canggih melalui Android terbarunya yakni Android versi 4.3. Untuk mengetahui seberapa canggih versi ini, berikut ulasannya.

Android 4.3 Hadir dengan Kemampuan yang lebih Baik

Secara garis besar Android versi 4.3 menawarkan beberapa peningkatan seperti sistem keamanan yang lebih baik, user interface yang tampak lebih menarik hingga pengalaman bermain game yang jauh lebih menyenangkan. Semua itu akan didapatkan oleh para pengguna Android 4.3. Akan tetapi dari beberapa peningkatan di atas, tampaknya Google semakin peduli dengan keamanan platform Android yang kini banyak diincar oleh para penjahat cyber.

Fitur menarik pertama dari Android 4.3 adalah fitur multiple user. Berkat fitur ini pengguna dapat membuat lebih dari satu akun user pada perangkat smartphonenya. Akan tetapi pada Android versi 4.3 ini kemampuan tersebut sudah ditingkatkan sehingga memungkinkan pengguna untuk membatasi penggunaan aplikasi khusus untuk user tertentu. Untuk dapat menggunakan fitur ini pengguna harus menginstall aplikasi tambahan seperti SwitchMe terlebih dahulu.

Tampilan grafis pada Android 4.3 juga dinilai akan menjadi jauh lebih baik. Semua ini berkat adanya fitur OpenGL ES 3.0. Melalui fitur ini Android versi 4.3 akan menawarkan performa grafis yang lebih mumpuni terutama untuk mereka yang membutuhkan perangkat smartphone ataupun tablet dengan kemampuan gaming yang cukup tangguh. Selain itu ada juga fitur Bluetooth Smart Ready yang memungkinkan pengguna untuk memfungsikan Bluetooth menjadi sebuah sensor.

Fitur Data Notification Access dan Digital Rights Management

65. Fitur Baru pada Android 4.3_2

Android 4.3 juga menawarkan fitur notifikasi yang telah diimprovisasi. Namun improvisasi ini tampaknya lebih dirasakan oleh pihak developer sehingga memungkinkan para developer untuk memantau notifikasi data yang datang dari aplikasi hasil pengembangannya. Dengan fitur ini, developer dapat mengetahui aplikasi apa saja yang kira-kira dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur berikutnya yang juga tampak cukup menarik adalah fitur Digital Rights Management (DRM). Berkat fitur ini perusahaan media akan lebih mudah dalam menampilkan kontennya terutama dalam melakukan streaming video. Dengan DRM developer akan lebih mudah dalam mengintegrasikan fitur ini dengan protokol streaming. Fitur-fitur di atas mungkin lebih banyak bermanfaat bagi pihak developer, akan tetapi berawal dari sinilah para developer mampu menghasilkan aplikasi-aplikasi yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *