Duel antara iOS 7 vs Jelly Bean

By on June 15, 2013
Duel-antara-iOS-7-vs-Jelly-Bean-1

Berita tentang kemunculan iOS 7 memang berhasil menyita perhatian banyak pengamat teknologi maupun para pecinta gadget. Setelah dikabarkan akan muncul dengan tampilan yang sangat baru, fresh dan berbeda dengan generasi sebelumnya, iOS 7 justru menerima banyak kritikan terkait dengan konsistensi maupun desain UI iOS 7 itu sendiri. Terkait dengan kemunculan iOS 7, sistem operasi terbaru Apple ini juga kerap disandingkan dengan Android Jelly Bean. Namun ternyata ada beberapa fitur baru iOS 7 yang justru sudah ada pada sistem operasi pesaingnya. Lantas apa saja perbedaan dan nilai plus minus dari kedua sistem operasi ini? Untuk mengetahui hal tersebut, berikut perbandingan antara iOS 7 dan Android Jelly Bean.

Perbandingan Fasilitas

Meski secara resmi iOS 7 masih belum diluncurkan, namun duel antara iOS 7 vs Jelly Bean sudah dimulai. Dari sisi fasilitas, ada beberapa hal yang tampaknya patut dibandingkan. Salah satunya adalah fasilitas command center. Fasilitas command center ini sebenarnya sudah ada pada semua perangkat iOS. Untuk mengakses perangkat tersebut pengguna hanya perlu melakukan swipe up dari bagian bawah layar. Melalui fasilitas ini pengguna dapat mengaktifkan airplane mode, Bluetooth, WiFi, kamera, pengaturan musik dan masih banyak lagi. Fitur ini sebenarnya juga sudah ada pada Android. Namun Android menambahkan panel baru pada versi Jelly Bean.

Fitur lock screen tampaknya juga menjadi fitur yang menarik untuk dibahas. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses email, pesan instant ataupun notifikasi lain yang baru masuk tanpa harus membuka kunci ponsel. Fitur ini memang sudah lama ada pada Android. Namun fitur tersebut baru diperkenalkan Apple melalui iOS 7. Perbedaan yang dimiliki oleh Apple hanya terletak pada detail informasi yang ditampilkan saja.

Perbandingan Kemampuan Browser dan Multitasking

Duel-antara-iOS-7-vs-Jelly-Bean-2

Dalam iOS 7, browser bawaan Apple yakni Safari juga turut dimodifikasi habis-habisan. Bahkan kini browser tersebut dapat menampilkan window apa saja yang aktif dengan tampilan 3D yang tentunya tampak lebih menarik. Selain itu pengguna juga dapat melakukan scrolling untuk melihat semua tab yang telah terbuka. Fungsi semacam ini sebenarnya juga sudah ada pada Google Chrome. Hanya saja tampilan pada Safari tampak lebih modern. Konsep baru yang menarik dari iOS 7 adalah konsep multitasking yang diusungnya.

Fungsi multitasking pada iOS 7 mampu merekam aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna. Aplikasi-aplikasi inilah yang nantinya akan dibiarkan berjalan pada background. Konsep inilah yang membuat iOS 7 tampak lebih cerdas. Pada Android, konsep seperti masih belum diterapkan. Fitur lain yang juga layak untuk disandingkan adalah iTunes Radio dan Google Music. Pada iTunes Radio pengguna tidak hanya dapat mendengarkan musik favorit saja. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendengarkan stasiun radio favorit dan membeli lagu yang diinginkan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *