Canon Luncurkan Sensor Berkekuatan 250 MP

By on October 2, 2015
canon-250mp-prototype-camera

Kompetisi untuk menyematkan resolusi sensor kamera yang lebih besar kini telah masuk ke memasuki babak baru, di mana produsen kamera asal Jepang, Canon, secara mengejutkan merilis sebuah sensor baru dengan ukuran resolusi 250 MP.

Menurut Canon, sensor CMOS jenis APS-H yang berukuran 19.580 x 12.600 piksel tersebut merupakan sensor terbesar dan di klaim akan mampu memecahkan rekor sebagai sensor resolusi terbesar di dunia. Tidak hanya itu, Canon bahkan menyatakan jika sensor tersebut mampu menangkap tulisan di samping badan pesawat ketika memotretnya dari jarak sejauh 18 km.

Mengenai ukurannya sendiri, Canon menyatakan jika sensor jenis APS-H ini sekarang memiliki ukuran yang sedikit lebih besar ketimbang APS-C, tapi jauh lebih kecil ketimbang sensor full-frame. Untuk penggunaannya, sensor ini sendiri biasanya diusung dalam kamera DSLR terbaik Canon EOS-1D.

Seperti dilansir dalam The Verge, mengenai kecepatannya sendiri, Sensor jenis APS-H milik Canon tersebut diklaim memiliki kecepatan readout sebesar 1,25 miliar piksel per detik. Meskipun jumlah resolusi yang besar akan lebih cenderung menghasilkan gambar bintik atau noise, tapi untuk yang satu ini pihak Canon berjanji jika sensor APS-H ini akan memiliki performa yang luar biasa dalam hal menangani noise.

Tidak hanya untuk memotret, Canon pun menyatakan jika sensor 250 MP miliknya ini pun bisa digunakan untuk menghasilkan video yang diklaim 30 kali lebih tajam ketimbang video kualitas 4K ( 4 kali Full HD) dalam kecepatan 5 fps (frame per second).

Kemampuan luar biasa Sensor jenis APS-H ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti untuk kepentingan surveillance (pemantauan) atau peranti khusus untuk mencegah kejahatan. Tidak hanya itu, anda pun bisa mengabadikan berbagai momen indah dalam tangkapan yang lebih jernih dan tajam, baik berupa video ataupun foto.

Canon-250-MP-CMOS-Sensor-tecnoaffinity-1024x607

Untuk industri yang disasar Canon sendiri adalah perusahaan pengguna pengukuran dengan resolusi ultra-tinggi serta industri visual lainnya yang membutuhkan resolusi super tinggi. Tapi ingat, jangan harap Sensor jenis APS-H ini akan segera dibenamkan dalam produk kamera DSLR.

Pasalnya, di tahun 2010 Canon sempat mengumumkan kehadiran sensor 120 MP APS-H, sayang hingga kini produk dengan sensor tersebut masih belum tersedia di pasaran. Sedangkan untuk kamera DSLR EOS 5DS Canon yang diluncurkan tahun ini ini saja baru mengusung resolusi sebesar 50 MP. Jadi, mungkin anda tidak akan menikmati sensor ini ketika diluncurkan nanti.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *