Borosnya Pemakaian Internal Memory Pada Samsung Galaxy S5

By on February 25, 2014
Samsung Galaxy S5

Varian Samsung Galaxy S memang terkenal dengan penyakit borosnya internal memori pada smartphone tersebut. Ternyata penyakit tersebut masih belum hilang dan masih bisa diraksan di  Galaxy S5.

Berdasarkan lansiran dari PhoneArena (24/2), Samsung Galaxy S5 yang merupakan produk unggulan Samsung ini ternyata membutuh kapasitas data yang besar hingga mencapai 8GB untuk menampung aplikasi bawaan dari smartphone tersebut serta TouchWiz UI yang menjadi tampilan antarmuka bawaannya yang merupakan buatan dari perusahaan Samsung tersebut.

Ini berarti bahwa jika pengguna nantinya membeli varian Samsung Galaxy S5 yang dijual dengan  internal memori berukuran 16 GB maka yang tersisa dari memori tersebut untuk menyimpan data baik video, foto ataupun aplikasi selain bawaannya hanya sekitar 8 GB atau setengah dari internal memori smartphone tersebut.

Sebagai perbandingan, kita bisa melihat LG Nexus 5 yang baru-baru ini dirilis pada akhir tahun kemarin. Smartphone tersebut juga hadir di pasaran dengan mengusung internal memori sebesar 16 GB. Tetapi dari total internal memorinya, LG hanya memakan 3 GB saja dari total 16 GB untuk aplikasi bawaan plus tampilan antar muka.

Berdasarkan lansiran itu, ternyata dilaporkan bahwa TouchWiz UI lah yang menjadi penyebab dari terkurasnya internal memori Galaxy S5 sebanyak setengah dari total 16 GB tersebut.

Memang benar bahwa TouchWiz UI ini membuat tampilan dari Samsung Galaxy S5 terlihat jauh lebih atraktif dari tampilan antar muka yang di bawa oleh Google Android. Tetapi, kemewahan tampilan tersebut harus dibayar para pengguna dengan kapasitas penyimpanan yang dipotong sebesar setengahnya atau sekitar 8 GB.

Bagi kamu yang berniat memmbeli Samsung Galaxy S5 maka sebaiknya memilih varian Galaxy S5 dengan ukuran 32GB atau memilih opsi Galaxy S5 serta membeli SD card tambahan supaya nantinya bisa lebih leluasa dalam hal menyimpan data dan aplikasi di smartphone tersebut.

Tertapi meskipun demikian, Samsung Galaxy S5 yang resmi dirilis di gelaran MWC 2014 tersebut ternyata membawa satu fitur canggih yang berguna sebagai sensor detak jantung. Sensor yang disematkan Samsung pada bagian belakang bodi Galaxy S5 yang tepatnya di samping lampu LED flash itu adalah sebuah sensor yang dapat mengukur detak jantung dari para penggunanya.

Hal tersebut sekaligus menjawab teka-teki dari ruang kosong yang berwarna hitam di sebelah LED flash. Pada awalnya sensor tersebut sempat diduga sebagai kamera sekunder dari Samsung Galaxy S5.

Menurut lansiran dari PhoneArena (24/2), sensor detak jantung yang disematkan di Galaxy S5 ini diklaim memiliki kinerja yang sama dengan sensor serupa yang telah disematkan Samsung pada smartwatch Galaxy Gear 2. Sensor detak jantung tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu para pengguna untuk memonitor atau memantau kondisi kesehatannya dengan aplikasi yang diberi nama S Health.

 Samsung Galaxy Tab 4

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *