Blackberry Akan Menyediakan Aplikasi BBM Untuk Android dan iOs

By on May 15, 2013
Blackberry-Akhirnya-Akan-Menyediakan-BBM-Untuk-Android-dan-iOs-1

Blackberry secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan aplikasi chatting andalannya yakni BBM (BlackBerry Messanger) ke beberapa sistem operasi dan smartphone musim panas ini. Hal ini membuat Anda yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android ataupun iOs akan bisa BBM-an dengan pengguna lain aplikasi chatting tersebut.

Sebenarnya isu tentang Blackberry akan menyediakan BBM untuk Android dan iOS telah berhembus dalam beberapa tahun belakangan. Tapi belum ada juga pengumuman resmi dari BlackBerry. Meskipun begitu, banyak juga pihak yang terkejut mendengar berita ini. BBM akan tersedia untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi iOs 6 dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan tingkat-tingkat di atasnya. Aplikasi ini akan tersedia secara gratis dan akan mampu mengirimkan pesan kesemua pengguna BBM di BlackBerry, Android dan iOs.

BBM memiliki 60 juta pengguna aktif setiap bulannya, jumlah angka yang cukup mengagumkan tapi  setelah  sekian lama menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, akhirnya bisa dikalahkan juga. Aplikasi yang mampu mengalahkan angka pengguna BBM adalah aplikasi chatting milik Apple yang digunakan di sistem operasi iOs yakni iMessage. Aplikasi chatting miliki ini memiliki 140 juta pengguna.

Blackberry-Akhirnya-Akan-Menyediakan-BBM-Untuk-Android-dan-iOs-2

Aplikasi chatting lain yang mampu mengalahkan BBM adalah WhatsApp. Telah disebutkan bahwa ada lebih dari 10 juta pesan WhatsApp dikirimkan setiap harinya. Aplikasi ini sukses secara luas di pasar berkembang, tempat dimana BlackBerry memasarkan aplikasinya yakni BBM, karena tersedianya WhatsApp di berbagai sistem operasi smartphone, seperti Windows Phone, Android, iOs, Symbian dan juga BlackBerry.

BlackBerry menganggap BBM tidak hanya aplikasi chatting saja, melainkan sebuah grup dengan kemampuan untuk mengirimkan file dan lainnya. Tapi untuk pengguna di sistem operasi lain, mereka akan mendapatkan sedikit perbedaan.

Dalam konfrensi press untuk mengumumkan bahwa Blackberry akan tersedia di Android dan iOs, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan bahwa ia percaya bahwa hal utama yang membedakan BBM dengan WhatsApp adalah karena BBM adalah aplikasi chatting yang gratis. Meskipun kini sudah banyak aplikasi chatting yang gratis, salah satunya adalah Facebook Messenger, Line, We Chat, dan masih banyak lagi. Tapi alasan yang diungkapkan Heins ada benarnya, karena masih banyak pengguna smartphone yang lebih memilih aplikasi yang gratis.

Satu area yang perlu diperbarui oleh BBM dalam upayanya untuk menyediakan layanan di sistem operasi lain adalah PIN. Mengingat dan menemukan PIN pengguna BBM bisa menjadi hal sulit. Berbeda dari BBM, WhatsApp meraih kesuksesan karena aplikasi chatting ini menggunakan nomor telepon dan username pengguna aplikasinya untuk menambah teman.

Tapi, dengan tersedianya BBM untuk sistem operasi Android dan iOs akan membawa perubahan di pasar aplikasi chatting yang ada di smartphone.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>