Windows Phone Di Gratiskan Untuk Mengejar Android?

By on April 3, 2014
3. Update Windows Phone 8.1 Akan Bisa Membaca USB Drive 4

Perang antara android dan windows phone masih terus bergulir. Kedua platform ini terus berpacu untuk menunjukan bahwa mereka yang terbaik. Jika basanya Microsoft menarik biaya lisensi untuk produsen gadget yang menggunakan sistem operasi Windows buatannya pada smartphone dan tablet. Tapi justru kini tarif itu tak berlaku lagi karena pihak Windows versi mobile telah digratiskan oleh Microsoft.

Kepastian terkait hal ini telah diumumkan dalam konferensi developer Microsoft Build yang berlangsung di San Francisco pada Rabu kemarin, (02/04/14) di Amerika Serikat. Walaupun begitu, tidak semua jenis perangkat gadget ini mendapat Windows gratis dari Microsoft. Tawaran tersebut hanya akan tersedia untuk smartphone dan tablet yang berukuran lebih kecil dari 9 inci saja.

Pada kesempatan yang sama, pihak Microsoft juga telah mengumumkan akan segera memulai untuk mendukung Windows Universal Apps yang nantinya bisa berjalan di semua platform sistem operasi miliknya tersebut, tentu saja ini termasuk Windows Phone, PC Desktop dan Tablet.

Seperti yang dilansir dalam laman Recode, sepertinya langkah tersebut memang dimaksudkan untuk mendorong perolehan pangsa pasar Windows Phone di dunia bisnis mobile yang justru kini masih didominasi oleh Apple dan Android sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Sekarang pihak Microsoft sedang membidik urutan ketiga setelah dua platform terpopuler tersebut.

Tentu saja, dengan adanya perubahan yang menyangkut tarif lisensi ini, secara otomatis akan berlaku juga untuk produsen perangkat Windows RT, Windows Phone dan juga Windows 8, dan sepertinya akan langsung melebar ke software Windows di perangkat Internet of Things lainnya.

Selain itu, di samping menggratiskan sistem operasi andalannya tersebut, dalam upaya untuk menarik para produsen gadget diseluruh dunia, pihak Microsoft turut juga melancarkan upaya agar Windows ini bisa dijalankan oleh berbagai perangkat yang berharga murah. Bahkan kalau bisa lebih murah daripada ponsel Android.

Sedangkan khusus untuk dunia desktop, kabarnya raksasa software tersebut baru-baru ini juga akan memangkas biaya lisensi Windows 8.1 sampai dengan 70 persen untuk menghadapi serbuan tablet dan laptop Chromebook murah dari Google.

Bahkan khusus untuk dunia desktop, pihak Microsoft baru saja mengumumkan bahwa pembaruan untuk sistem operasi khusus Windows 8.1 ini akan bisa diunduh mulai tanggal 8 April 2014 nanti. Miscrosoft sendiri menyebutnya ini sebagai Windows 8.1 Update yang memiliki sejumlah fitur yang diklaim bisa memudahkan pengguna bertransisi dari Windows 7 ke windows 8.

Selain memberikan pembaruan untuk kalangan konsumernya, ternyata pihak Microsoft juga akan memberikan update bagi kalangan developer. Tentu saja semua itu Microsoft lakukan supaya orang-orang semakin betah menggunakan produknya, dan sepertinya ini dilakukan untuk menghadapi persaingan yang lebih besar lagi dengan kompetitor terbesar mereka. Yakni Google dan Apple.

1123179windows81-2780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *