Windows Phone Adopsi Sensor Kinect Pada Produknya

By on June 13, 2014
1. Windows Phone Adopsi Sensor Kinect Pada Produknya 1

Kemajuan perangkat mobile makin tidak terbendung saja. Masing-masing vendor perangkat berusaha membuat perangkatnya nomor satu dan paling laku di pasaran dengan cara meningkatkan terus teknologi yang dibawanya. Salah satu vendor perangkat mobile yang kini sedang getol mengejar ketertinggalanya dari vendor  yang lain adalah Microsoft. Produsen teknologi perangkat lunak yang kini juga mulai berkecimpung di perangkat keras ini berusaha menyaingi Android dan iOS dalam hal perangkat mobile dengan menyisipkan teknologi sensor kinest para produk-produk yang akan dikeluarkanya.

Microsoft telah berencana untuk mengadopsi teknologi sensor yang mirip dengan teknologi Kinect yang mampu membaca berbagai gerakan tubuh penggunaanya. Microsoft berencana menamai teknologi sensor gerakan ini dengan nama 3D Touch atau Real Motion. Microsoft rupanya secara diam-diam telah mengembangkan teknologi ini beberapa tahun belakangan ini dan diperkirakan produk Microsoft yang akan diberi teknologi ini adalah Lumia 1020.

Teknologi yang mirip dengan sensor Kinect ini sebenarnya mirip dengan teknologi sensor gerakan tubuh yang dulu pernah dipergunakan oleh Nokia dengan nama Nokia McLaren. Pada perangkat Nokia McLaren ini dipenuhi dengan sensor gerakan tubuh yang termasuk canggih. Bagaimana tidak, Anda bisa langsung menjawab telepon dari posisi terkunci dengan hanya meletakan ponsel di telinga Anda, mengaktifkan mode speaker saat ponsel diletakkan di meja, dan menutup panggilan hanya dengan meletakkan ponsel Anda tersebut kedalam kantong baju.

Sensor 3D yang dibuat Nokia jaman dahulu tersebut rupanya menginspirasi Microsoft dan bukan sebuah kebetulan bahwa Microsoft akan mengembangkan teknologi sejenis karena kini divisi produksi perangkat Nokia telah menjadi bagian hardware dari raksasa teknologi Microsoft. Bisa dipastikan bahwa Microsoft mempergunakan riset yang dulu pernah dilakukan Nokia untuk mengembangkan teknologi sensor yang mirip dengan sensor Kinect tersebut.

Microsoft berharap bahwa dengan teknologi sensor tersebut, mereka bisa menyederhanakan pengguna dalam mempergunakan perangkat komunikasi mereka. Dalam perkembangannya nanti, perangkat yang dibekali dengan sensor terbaru ini tidak akan mempunyai banyak tombol karena pengguna cukup menyentuh perangkatnya untuk mengoperasikannya.

Microsoft juga berencana untuk memanfaatkan teknollgi sensor yang sama untuk menampilkan orientasi layar secara tepat, apakah portrait atau lanscape, sehingga sensor gyro tidak akan diperlukan lagi. Teknologi ini juga bisa berjalan bersama dengan teknologi zoom pada kamera, sehingga pengguna cukup menggesek sisi kamera untuk melakukan zoom in dan zoom out, tanpa harus memilih menu zoom pada layar atau menekan tombol.

Yang menjadi pertanyaan adalah mampukah Microsoft menciptakan sensor serumit itu dan mampukan kemudian perangkat tersebut bersaing dengan perangkat lain yang sudah mempunyai teknologi yang mirip dengan sensor Kinect. Yang menjadi kendala utama adalah perangkat Microsoft masih kurang diminati di pasaran dunia sehingga apakah teknologi tersebut akan bisa dinikmati oleh banyak orang.

windows phone, sensor kinect, hp nokia, harga windows phone, gadget

BACA JUGA:

Iklan Nokia Menunjukan Windows Phone Berbeda

Pengguna Windows Phone Segera Mendapatkan Update 8.1

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *