Windows 10 Mencangkok Kemampuan iOS dan Android Dalam Satu Wadah

By on May 3, 2015
3. Windows 10 Mencangkok Kemampuan iOS dan Android Dalam Satu Wadah 1

Saat ini konsumen sedang menunggu-nunggu janji besar Microsoft yang akan segera mengeluarkan update untuk sistem operasinya, Windows 10. Dikatakan bahwa generasi OS terbaru buatan Amerika ini akan membawa sebuah revolusi besar-besaran bagi semua jenis platform, baik komputer, smartphone dan tablet. Kini bahkan sudah banyak vendor smartphone yang tertarik memproduksi perangkat dengan OS Windows Phone 8.1 dengan harapan akan mendapat update Windows 10.

Yang dijanjikan oleh Microsoft antara lain adalah kemampuan Windows 10 untuk mengakomodasi semua aplikasi dari dua platform besar lain, yaitu iOS dan Android. Dengan kata lain semua aplikasi yang bisa berjalan pada iOS atau Android, akan bisa juga dipergunakan pada platform Windows 10 terbaru ini. Microsoft memutuskan untuk mencangkok kemampuan utama kedua platform sainganya tersebut agar mampu mengungguli mereka, padahal Windows sendiri sebenarnya sudah unggul di bidang tersebut mengingat Microsoft telah ada jauh lebih lama daripada Apple dan Android.

Rencana Microsoft  untuk membuat aplikasi iOS dan Android bisa berjalan di platformya tersebut terungkap dalam sebuah konferensi yang dihadiri para developer, yaitu konferensi Build 2015. Aplikasi Android dan iOS yang bisa dijalankan di Windows Phone tidak akan memanfaatkan sebuah emulator namun Microsoft akan membuat sebuah subsistem untuk mem-porting aplikasi non Windows tersebut agar bisa berjalan di Windows.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan dikawal pada suatu sistem dengan keamanan khusus dan kode tertentu. Hal ini tentu saja akan sangat mengungtungkan Microsoft karena jumlah aplikasi yang akan dijual di Windows Store akan meningkat jumlahnya secara drastis. Dengan begitu Microsoft akan meraih lebih banyak untung karena penjualan aplikasi yang lebih banyak. Selain itu dipastikan Windows 10 akan bisa mencuri konsumen dari iOS dan juga Android.

Pada acara konferensi Build 2015 tersebut Microsoft juga sempat memamerkan salah satu aplikasi Android yang berjalan diatas platform Windows, yaitu aplikasi Choice Hotel dan juga permainan Candy Crush. Kedua aplikasi yang bukan untuk Windows tersebut telah diporting ke windows dan dijalankan dengan normal, walau sedikit lambat pada saat memuat data. Nantinya, semua aplikasi-aplikasi iOS dan Android tersebut akan dintegrasikan pada Live Tiles, navigasi khusus pada Windows terbaru.

Terobosan Microsoft ini mau tak mau membuat kedua pesainginya, iOS dan Android ketar-ketir, karena konsumen mereka pasti akan ikut berkurang. Konsumen pasti akan memilih perangat yang bisa mengakomodasi semua aplikasi tak peduli jenis platformya dan Microsoft menawarkan kemampuan tersebut pada OS terbarunya. Revolusi yang dipersiapkan Microsoft ini sebenarnya berasal dari masukan para konsumen dan pengguna Windows yang menginginkan agar mereka bisa mendapat lebih banyak aplikasi yang bisa mereka jalankan pada perangkat Windows Phone mereka.

Windows 10

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *