Siri Hadir di Windows Phone?

By on December 19, 2013
3.Siri Hadir di Windows Phone 1

Bila Anda melihat dunia gadget, dalam hal ini adalah Smartphone, saat ini, maka ada 3 jenis OS yang banyak digunakan. Ketiganya adalah Android, iOS dan Windows Phone.

Setiap OS mempunyai kelebihan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah iOS dengan aplikasi Siri yang dimilikinya. Aplikasi yang berfungsi sebagai pengingat dan personal assistant ini sangat membantu banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya dan sangat sering menggunakan Smartphone.

Yang menjadi unik dari Siri ini, aplikasi ini hanya tersedia di iPhone dengan iOS-nya. Bagaimana dengan OS dan Smartphone yang lain.

Microsoft dikabarkan mempunyai rencana untuk membuat aplikasi serupa. Kabarnya, Siri versi Windows Phone ini akan datang bersamaan dengan update terbaru dari OS Windows di Windows Phone. Akan tetapi, aplikasi ini tidak akan mencontoh Siri sepenuhnya. Mircosof dikabarkan akan memberikan fitur tambahan pada update terbarunya ini, seperti fitur-fitur yang dapat Anda temukan pada aplikasi Siri.

The Verge mendapatkan informasi dari sumber internal Mircosoft mengenai hal ini. Mereka mengatakan bahwa yang akan disertakan dalam update terbaru dari Microsoft ini adalah aplikasi berjenis pusat notifikasi. Fungsinya mirip dengan Siri yang Anda ketahui.

Bila rencana ini jadi untuk diterapkan pada update terbaru, nantinya, bila Anda ingin membaca pesan secara cepat, Anda cukup menarik pesan dari atas ke bawah saat ada notifikasi pesan masuk. Bila Anda ingin lebih masuk ke dalam menu pesan, Anda hanya perlu menekan pesan tersebut atau men-swipe-nya.

windows phone

Selain pusat notifikasi, Mircosoft juga berencana akan menambah aplikasi personal assistant yang mirip dengan aplikasi Siri. Aplikasi ini akan turut disertakan dalam OS Mircosoft terbaru yaitu Windows Phone 8.1. Siri merupakan nama yang unik, tetapi pihak Microsoft juga memberikan nama unik untuk aplikasi terbarunya ini, yaitu aplikasi Cortana.

Aplikasi terbaru ini tampaknya akan segera terealisasikan karena pihak Mircosoft bersungguh-sungguh mempersiapkan aplikasi ini. Hal ini terlihat dari pengujian yang dilakukan oleh Mircosoft terhadap aplikasi Cortana beberapa bulan yang lalu.

Aplikasi Cortana ini akan menggantikan aplikasi Bing search yang dapat dikatakan menjadi salah satu aplikasi pencari utama di Windows Phone. Menurut sumber internal Microsoft, aplikasi Cortana ini akan menjadi pengganti dan applikasi yang lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan, aplikasi Cortana menggunakan kombinasi kelebihan yang dapat ditemukan pada Siri dan juga Google Now.

Pengujian Windows Phone 8.1 juga berjalan saat ini. Subjeknya adalah kalangan internal Mircosoft. Rencananya, OS ini akan diperkenalkan pada Konferensi Build Developer Confrence di bulan April 2014.

Selain Cortana yang akan menjadi tandingan Siri, Mircosoft juga melakukan beberapa perubahan. Salah satunya adalah peningkatan pada fitur People Hub. Nantinya, fitur ini akan dapat berinteraksi lebih dalam untuk jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter.

windows phone

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *