Siri dan Google Kini Punya Saingan Baru, Cortana

By on April 3, 2014
1001337cortana4780x390

Setelah empat tahun kemunculan Siri dari Apple, akhirnya Microsoft juga memperkenallan aplikasi personal assistant Cortana untuk platform mereka Windows Phone 8 dalam acara konferensi developer Build di San Francisco, pada Rabu (2/04/2014) kemarin.

Sebenarnya, Cortana sendiri diambil dari nama sebuah tokoh hologram dalam game Halo dan dimotori oleh Bing, kabarnya Cortana ini bakal menggantkan fungsi pencarian standar di Windows Phone dan nantinya Cortana bisa diakses melalui sebuah Live Tile khusus.

Sebagaimana dilaporkan oleh Time, Selain bisa untuk membuat panggilan telepon dan menulis SMS, Cortana ini nantinya bisa diminta untuk melakukan hal lain seperti membuat reminder, alarm, jadwal pertemuan, memberi informasi cuaca, meluncurkan aplikasi dan bahkan sampai meminta hasil pertandingan olahraga yang tidak sempat anda tonton.

Selain itu, kabarnya Aplikasi ini pun bisa diberikan akses ke e-mail agar dapat mengingatkan si pemegang perangkat mengenai hal-hal seperti jadwal pesawat dan lainnya. Sehingga selain akan mampu memiliki pengalaman baru dalam berseluncur, dan dengan ini diharapkan pesona windows phone bisa semakin dilirik oleh berbagai kalangan, termasuk para pengguna android yang hingga kini masih mengungguli Windows phone dalam hal jumlah pengguna dan populeritas.

Hampir sama seperti Siri miliknya Apple, suara Cortana yang berjenis kelamin perempuan ini nantinya diisi oleh seorang aktris wanita. Dalam segi kepribadian, sepertinya kedua asisten personal ini pun bisa dibilang sangat mirip. Bahkan ketika ditanya mengenai masalah Siri, ternyata Cortana menjawab dengan mengatakan, sampai saat ini, percakapan kami masih terasa satu sisi saja. Dan buka Cuma itu saja, dia juga bahkan menyebut bahwa Bill Gates sebagai bapaknya.

Pada awalnya, Cortana ini rencananya akan datang dalam versi beta pada ponsel Windows Phone 8 dengan pembaruan sistem operasi tersebut bakal mulai disalurkan pada akhir April atau paling lambat pada bulan Mei mendatang. Pihak Microsoft sendiri menyadari bahwa Cortana bukanlah satu-satunya software personal assistant yang beredar dipasaran sekarang ini, ataupun bahkan bukan yang satu-satunya. Bahkan pihak Apple telah lebih dulu memiliki Siri, dan begitupun juga dengan pengguna Android dengan Google Now yang sampai saat ini menjadi primadona dikalangan para pecinta ponsel pintar.

Tentu saja, aroma persaingan tiga aplikasi personal assitent itu turut disisipkan dalam sebagian naskah dialog Cortana sendiri. Seperti yang dikutip dalam laman situs Recode. Secara khusus, Marcus Ash, yang merupakan ujar manajer program Cortana, mengatakan bahwa kami akan dibanding-bandingkan secara kompetitif, Kami juga ingin menghormati para kompetitor yang lainnya, tapi juga kami mau bersenang-senang sedikit. Mungkin ini bisa menjadi penyemangat yang lainnya untuk lebih mengembangkan lagi sistem yang baru, dan kami pun sama. Kami akan selalu berusaha terus didepan.

 Cortanas_look_in_Halo_4

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *