Screenshot Start Menu Windows 9 “Bocor”

By on July 28, 2014
2. Screenshot Start Menu Windows 9 Bocor2

Setelah screenshot “Start” dari Windows 9 muncul , kali ini sebuah screenshot baru muncul kembali “bocor” dan menampilkan interface baru milik Windows 9. Screenshot tersebut hampir sama dengan yang muncul beberapa waktu lalu.

Pengguna desktop sangat antusias dengan kedatangan start menu ini,  terutama untuk menunjang penggunaan aplikasi Metro. Namun Microsoft juga masih mengetes versi Start menu yang mengisi seluruh layar dan tampilannya akan seperti Windows 8.1.

 Di sebelah kiri ada kolom yang akan diisi oleh aplikasi-aplikasi yang terakhir dibuka, dan juga pilihan untuk menampilkan “All apps” di sisi bawah.

All apps yang dimaksud adalah aplikasi desktop yang biasa ada di Windows dan juga aplikasi Metro. Metro apps kembali muncul meski sebagian pihak menganggap metro apps ini kurang begitu fungsional dan sulit digunakan, namun Microsoft menjanjikan perubahan dengan mengupdate dan menambah metro apps – metro apps baru.

Pada bagian kanan ada shortcut Metro yang isinya adalah aplikasi Metro yang dinilai sehingga mudah diakses dan informasi yang mudah dilihat seperti e-mail, kalender, dan cuaca.

Dan terlihat juga icon-icon yang biasa ada pada desktop seperti, “Pictures”,” Documents”, dan icon yg terlihat seperti “My Computer”. Ukuran icon-icon di start menu dapat diubah ukurannya sesuai keinginan sama seperti di Start Screen. DI screenshort tersebut ada juga sebuah windows yang menampilkan sesuatu yang disinyalir sebagai Windows Store.

Sebenarnya nama yang ada pada screenshot tersebut adalah”Windows 8.1 Pro”, namun memang label tersebut merujuk kepada build awal Windows 9 di internal Microsoft.

Microsoft masih belum memberikan info tentang apakah sistem operasi tersebut akan berjalan disemua device yang menjalankan Windows. Pada device seperti smartphone dan tablet, sepertinya akan mendapatkan start menu yang mengisi seluruh layar sehingga lebih mudah diakses, dan utuk pengguna desktop dapat menggunakan start menu layaknya yang berada disudut kiri bawah pada layar, namun hal tersebut dapat diganti-ganti karena Microsoft akan membuat setting menu khusus untuk start menu tersebut.

Windows 8 memang dianggap kurang cocok dipakai, terutama oleh para pebisnis atau para professional. Desainnya yang kasual dianggap sulit untuk digunakan dalam bentuk desktop. Versi handheld yang digunakan pada smartphone dan tablet jauh lebih sukses dan memiliki lebih banyak pengguna, sementara untuk versi desktop masih banyak orang yang lebih memilih memakai Windows 7 sebagai sistem operasi utama mereka. Microsoft berharap bahwa perubahan-perubahan yang akan dilakukan pada Windows 9 dapat menarik perhatian para pengguna desktop.

Windows 9 diperkirakan akan hadir pada bulan April 2015. Sementara itu Microsoft  merencanakan akan merilis dulu Windows 8.1 yaitu update penambahan Start Menu untuk Windows 8.

windows 9, menu windows 9, windows terbaru, windows phone

BACA JUGA:

OS Versi Baru untuk Nokia X2

Nokia Lumia By Microsoft Akan Ber-OS Android

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *