Perangkat Windows Phone Sony Meluncur Tahun Ini

By on January 5, 2014
3.Perangkat Windows Phone Sony Meluncur Tahun Ini1

Perang di pasar teknologi khususnya di dunia ponsel pintar sepertinya akan semakin berwarna dari waktu ke waktu karena kini vendor yang mengusung produk unggulan yang mampu meraup perhatian pengguna teknologi semakin bertambah. BlackBerry boleh saja mengklaim produknya sebagai produk ponsel pintar pertama di dunia, tetapi pamor BlackBerry kini semakin meredup seiring dengan semakin bersinarnya pamor produk iPhone dan Samsung yang dianggap sebagai jawara di pasaran ponsel dunia. Beberapa produk ponsel yang sempat merajai dan menjadi idola seperti Nokia dan Sony (setelah berpisah dari Ericsson) mencoba untuk bertahan dan merebut kembali dominasi di pasar ponsel dunia dengan meluncurkan produk ponsel pintar dengan keunggulan tersendiri.

Selain persaingan antar beberapa vendor ponsel pintar, persaingan juga terjadi dalam penggunaan platform sistem operasi pada produk ponsel pintar yang ditawarkan. BlackBerry mempunyai sistem operasinya sendiri berupa BlackBerry OS sebagaimana Apple yang mengusung iOS sebagai sistem operasi eksklusif. Namun, sistem operasi Android yang diluncurkan oleh Google mampu meraja karena digunakan oleh berbagai vendor baik lokal maupun internasional. Selain itu, masih ada sistem operasi Windows Phone yang terbilang baru dan belum begitu banyak digunakan, tetapi rupanya mempunyai cukup banyak pengguna.

Sistem operasi Windows Phone yang diluncurkan oleh Microsoft memang digunakan oleh beberapa vendor untuk produk ponselnya, tetapi sistem operasi ini memang paling banyak digunakan melalui perangkat Nokia. Jumlah pengguna Nokia Windows Phone sepertinya akan semakin mendominasi setelah Nokia resmi menutup sistem operasi lawasnya Symbian dan MeeGo. Akan tetapi, dominasi Nokia akan mendapat perlawanan dari perangkat Windows Phone Sony.

windows phone, nokia, sony, android, smartphone

Sony yang mampu mendobrak panggung persaingan ponsel pintar dengan mengusung platform Android dikabarkan akan mengeluarkan produk dengan sistem operasi di luar Android sebagainya produk ponsel pintarnya selama ini. Menurut laporan, vendor ponsel pintar yang bermarkas di Jepang ini memang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone pada produk perusahaannya. Berita ini didapatkan dari sumber yang berasal dari orang dalam Sony maupun Microsoft.

Kabarnya perangkat Windows Phone Sony sedang dalam proses pertimbangan untuk meluncur ke pasaran ponsel dunia sekitar pertengahan tahun 2014. Meskipun demikian, rupanya ada hal yang akan membedakan produk Sony yang berbasis Android dan produk Sony yang berbasis Windows Phone. Brand Vaio diprediksi akan digunakan oleh pihak Sony untuk produk ponsel pintar yang menggunakan platform Windows Phone.

Selain kemungkinan untuk mengembangkan perangkat Windows Phone Sony, Microsoft sebagai perusahaan yang membawahi sistem operasi Windows Phone juga tengah mengembangkan penggunaan sistem operasi tersebut pada vendor ponsel pintar di Asia termasuk HTC, Huawei, dan Samsung bahkan vendor ZTE asal Cina dan XOLO asal India dikabarkan tengah membuat perangkat dengan platform Windows Phone.

windows phone, nokia, sony, android, smartphone

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *