Fitur Self Destruct pada Smartphone Android dan Windows Jika Dicuri

By on June 24, 2014
3. Fitur Self Destruct pada Smartphone Android dan Windows Jika Dicuri 1

Kini fitur self destruct atau menghancurkan diri sendiri sudah bisa benar-benar diaplikasikan pada berbagai perangkat komunikasi. Jika Anda selama ini hanya melihat fitur canggih tersebut pada film-film James Bond atau film action yang lain, maka sekarang Anda bisa mencobanya sendiri. Kini smartphone yang telah dibekali dengan fitur ini akan mati secara otomatis bila tercuri. Hal ini dinilai lebih aman untuk data-data yang ada dalam smartphone tersebut.

Fitur self destruct atau fitur mematikan system secara otomatis dibuat berdasarkan keprihatinan akan banyaknya pencurian ponsel yang terjadi di seluruh dunia. Fitur yang akan mematikan sistem operasi smartphone sepenuhnya bisa dicui tersebut telah ditambahkan oleh Google dan juga Microsoft pada sistem operasi Android dan Windows Phone.

Dilaporkan bahwa pencurian telah menjadi permasalah yang mendunia. Bahkan di Amerika sendiri ada sekitar 3,1 juta ponsel yang dicuri sepanjang 2013 yang lalu dan jumlah tersebut adalah 2x lipat dari tahun 2012 yang lalu. Maraknya pencurian smartphone ini membuat pihak berwenang mendesak para perusahaan pengembang aplikasi untuk mengambil sikap terhadap kenyataan ini dan fitur self destruct dinilai sebagai solusi yang tepat. Bahkan Apple dan Samsung telah mempergunakan fitur yang mirip pada beberapa perangkat premium mereka sejak beberapa bulan yang lalu.

Dengan hadirnya fitur yang mematikan sistem secara otomatis secara permanen ini dinilai akan menurunkan minat para pencuri untuk mencuri smartphone canggih karena toh jikapun mereka berhasil mencurinya dengan mempertaruhkan harga diri dan keselamatan mereka, smartphone canggih itu hanya akan menjadi sebuah benda plastik yang tidak bisa dipergunakan sama sekali dan tidak berharga untuk dijual.

Entah bagaimana pemilik ponsel mengaktifkan fitur untuk mematikan sistem smartphone ini, dengan SMS, semacam kode, atau bahkan timer, para pencuri tidak akan bisa menghidupkan kembali ponsel ini walau dilakukan flashing. Paling banter mereka melepas bagian-bagian ponsel dan menjualnya dengan harga yang sangat murah. Oleh sebab itu pencuri akan berpikir beberapa kali sebelum melakukan pencurian.

Sudah terbukti bahwa fitur sejenis ini yang dipasang pada iPhone iOS 7 berhasil mengurangi angka pencurian perangkap Apple sampai dengan 24%. Sebuah angka yang sangat fantastis, apalagi jumlah penurunan itu terjadi hanya dalam waktu 6 bulan saja. Namun juga dilaporkan bahwa pada waktu yang sama, jumlah pencurian smartphone merek lain langsung meningkat tajam. Rupanya pencuri mengalihkan sasaran pencurian mereka pada ponsel  yang tidak memiliki fitur pengaman ini.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda  tidak saja hati-hati dalam menjaga smartphone Anda karena didalamnya pasti terdapat banyak sekali data-data berharga yang penting bagi Anda, namun juga sebaiknya Anda melengkapi smartphone Anda dengan fitur keamanan otomatis ini agar lebih yakin.

self destruct, smartphone android, windows, windows phone

BACA JUGA:

Iklan Nokia Menunjukan Windows Phone Berbeda

Nokia Lumia 1020, Ponsel Pintar Terbaru Dari Nokia Dengan Kamera Mumpuni

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *