Akuisisi Nokia oleh Microsoft

By on September 18, 2013
akuisisi nokia olehMicrosoft

Sebelum akhirnya akuisisi Nokia oleh Microsoft berhasil dilakukan, sebenarnya hampir saja Microsoft meluncurkan ponsel miliknya sendiri yang diberi nama Surface. Sebagaimana diketahui, Surface adalah brand Microsoft untuk tablet pertama yang dibuatnya. Ini dilatarbelakangi oleh keinginan dari raksasa software ini untuk semakin eksis di dunia ponsel pintar.

Pada hari Senin (16/09/2013), jika Anda mengakses Situs CNET, mereka merilis sebuah informasi, bahwa berdasarkan info dari beberapa sumber yang terpercaya, keseriusan Microsoft dalam merancang ponsel miliknya ditunjukkan dengan telah di buatnya prototype dari ponsel Surface ini.

Sumber yang dirahasiakan identitasnya ini, saat itu mengungkapkan bahwa ujicoba pembuatan ponsel pintar Lumia yang berbasis Android oleh Nokia telah dipantau oleh manajemen Microsoft. Hal inilah yang membuat manajemen Microsoft merasa perlu untuk mengambil tindakan jaga-jaga, dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penjualan ponsel Nokia dengan basis sistem operasi Windows Phone mampu menyentuh angka 80 persen.

 

Jika Nokia serius untuk beralih ke platform milik Google itu, maka Microsoft di bawah manajemen yang saat ini dikendalikan oleh Chief Executive Officer Steve Balmer merasa perlu untuk mempunyai rencana alternatif dengan merancang ponsel Surface untuk meramaikan pangsa pasar ponsel pintar. Tetapi karena pada akhirnya Divisi ponsel Nokia berhasil diakuisisi oleh Microsoft,  rencana yang sudah dibuat oleh Microsoft untuk mengembangkan ponsel Surface tersebut kemudian tidak diteruskan.

Akuisisi  Nokia oleh Microsoft tersebut saat ini sedang berjalan, diprediksi baru akan selesai pada awal tahun 2014. Langkah ini diyakini merupakan aksi yang saling menguntungkan, sebuah usaha dari Nokia untuk tetap bertahan di dalam persaingan ponsel pintar, dan merupakan langkah Microsoft untuk membidik kesuksesan di dunia ponsel pintar ini. Tapi seiring dengan hal itu,  Steve Balmer mempunyai rencana untuk  mengundurkan diri dari posisi nomer satu di Microsoft.

Ke depan, dengan Microsoft memutuskan membeli Nokia ini pasti akan memberikan dampak pada merk dagang yang dilemparkan ke pasaran. Anda tidak akan ada lagi menemukan  merk Nokia Lumia lagi, tetapi pasti akan tercantum merk Microsoft pada ponsel-ponsel yang akan dirilis dimasa yang akan datang.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *