Whatsapp Android Rawan Kebocoran Data

By on March 17, 2014
3. Whatsapp Android Rawan Kebocoran Data  1

Tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan sistem operasi android dan juga segala aplikasi yang berjalan diatasnya. Sudah luas diketahui bahwa android memang sangat rawan dengan lubag-lubang keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mencuri, baik mencuri data, rekening bank, pin, maupun informasi-informasi percakapan yang dilakukan pengguna.

Lobang-lobang keamanan tidak saja terjadi pada android namun juga hampir semua aplikasi seperti Whatsapp. Diberitakan bahwa layanan perpesanan gratis Whatsapp dituduh rawan pembobolan keamanan yang membuat pihak lain mampu mencuri data-data baik data percakapan maupun data-data yang ada didalam ponsel. Mendapat deraan gosip tak enak ini Whatsapp cepat-cepat berkilah bahwa temuan tersebut tidak akurat dan berlebihan.

Pihak Whatsapp yang didera gosip bahwa Whatsapp android rawan kebocoran data mengatakan bahwa laporan tentang celah keamanan tersebut telah diketahui pihak Whatsapp dan menurut mereka apa yang beredar di luar sebagai gosip itu sangat tidak akurat dan sangat berlebihan. Gosip yang bermula dari laporan sebuah perusahaan keamanan yang mengatakan bahwa Whatsapp mempergunakan kode enkripsi yang sama untuk semua pengguna dan ini menimbulkan resiko adanya memori pengguna Whatsapp yang bisa dicuri oleh aplikasi lain.

android games, whatsapp, android, kebocoran data, gadget

Namun sekali lagi Whatsapp berkilah bahwa tidak saja Whatsapp yang mempunyai celah keamanan, bahkan semua aplikasi mempunyai celah keamanan yang bisa dimasuki oleh malware, virus dan kode-kode berbahaya yang lain. Whatsapp juga berkilah bahwa mereka telah berusaha menutup celah tersebut dengan cara rajin update aplikasi mereka ke Play Store. Namun ternyata update yang dilakukan oleh Whatsapp secara periodik tersebut dikatakan tidak menghilangkan celah keamanan yang dimaksud oleh perusahaan keamanan data tersebut.

Jika celah yang memungkinkan Whatsapp android rawan kebocoran data itu dibiarkan maka jika ada suatu malware yang menginfeksi ponsel tersebut maka semua data di memory dan MicroSD juga bisa tercuri dan tidak hanya isi percakapan Whatsapp saja. Jelas hal  ini sangat berbahaya karena semua orang cenderung menyimpan data di MicroSD mereka. Dengan berbagai alasan tersebut, pihak Whatsapp dituding telah menyepelekan atau menganggap permasalah tersebut sebagai hal yang mudah dan tidak penting dan justru menyalahkan sistem android secara keseluruhan.

Memang benar jika android sangat rawan pembobolan data dan bahkan 98% malware si tahun 2013 ditujukan untuk sistem operasi androiod. Oleh sebab itu jika Whatsapp android rawan kebocoran data maka bukan 100% kesalahan Whatsapp, begitulah kilah para petinggi Whatsapp. Sampai saat ini belum ada lagi  tindak lanjut dari pihal Whatsapp untuk memperbaiki keadaan dan isu mengenai celah keamanan yang berbahaya ini. Mereka hanya memberikan update-update reguler yang berisi fitur-fitur baru, padahal Whatsapp saat ini telah berada dibawah Google.

android games, whatsapp, android, kebocoran data, gadget

BACA JUGA:

Akuisisi Whatsapp Menguntungkan Telegram

Diduga Bocor, WhatsApp Salahkan Android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *