ViaProtect, Aplikasi Android Anti Sadap

By on March 17, 2014
via-protect-featured-620x350

Akibat dari serangkaian berita dari penyadapan NSA telah akhirnya memunculkan kekhawatiran tersendiri soal privasi di kalangan pengguna para pengguna perangkat komputer didunia. Akibatnya sejumlah layanan dan juga produk yang akhirnya berlomba-lomba menjanjikan fitur anti-sadap banyak mengemuka dan akhirnya mencoba untuk menyasar mereka yang oleh suatu sebab merasa khawatir semua kegiatan mereka diintip oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Belakangan ini sebuah aplikasi Android bernama ViaProtect akhirnya mencoba untuk menawarkan jasa serupa, yakni perangkat anti sadap. Sebagaimana dilaporkan oleh Phone Arena baru-baru ini, aplikasi anti sadap ini bekerja dengan cara memonitor berbagai kemungkinan adanya pembocoran data pribadi lewat perangkat mobile oleh aplikasi lain yang dirancang untuk mencuri data dari orang lain.

Menurut pengembang ViaProtect yang bernama Via Forensics, mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi mobile bisa mengirim informasi tidak terenkripsi ke server luar negeri sebagai server pusat. Nah, data tersebut akhirnya bisa dicegat oleh pihak-pihak yang berniat jahat kepada pengguna alat komunikasi tersebut. Tentu saja konsekuensinya adalah kemungkinan besar bisa muncul pencurian identias dari orang lain, aksi pencurian uang dan juga timbulnya pelanggaran privasi kepada pengguna tersebut

Bagaimana cara ViaProtect bekerka untuk melindungi data pengguna ponsel pintar Android? Kabarnya Aplikasi ini akan mengawasi segala macam informasi yang akan dikirimkan dari perangkat Android oleh aplikasi lainnya sebagai pencuri data tersebut. Apabila aplikasi ini mengendus ada aplikasi yang dinilai sangat mencurigakan dan kemungkinan akan mampu utnuk membocorkan data pribadi pengguna tersebut, maka secara otomatis ViaProtect akan memberi notifikasi ke pengguna tersebut bahwa ada ancaman yang sedang dia hadapai saat itu.

Setelah itu ViaProtect kemudian akan membuat sebuah laporan tentang tingkat keamanan data pada perangkat yang bersangkutan dan akan langsung memberitahu pemilik yang bersangkutan mengenai data pribadi apa saja yang dikirimkan ke pihak luar tersebut.  Dengan demikian pengguna tersebut akan mengetahui adanya kemungkinan pembocoran informasi penting tersebut dan akhirnya pengguna tersebut akan mengambil tindakan sebagai upaya perlindungan data tersebut dengan berbagai macam upaya maksimal yang bisa dia kerjakan.

ViaProtect sendiri sebenarnya bisa diunduh secara gratis dari toko aplikasi Google Play, jika anda tidak tidak bisa menemukannya, anda bisa menggunakan fasilitas search di google play tersebut dengan key word ViaProtect. Untuk kapasitasnya, Aplikasi tersebut berukuran 2,9 MB dan dapat berjalan di berbagai perangkat dengan sistem operasi Android versi 4 atau yang lebih baru lagi.

Walaupun mungkin saja metode NSA masih terlalu canggih untuk bisa dibendung oleh ViaProtect tersebut, akan tetapi setidaknya aplikasi ini bisa membantu para pengguna dan juga bisa menjadi alternatif para pengguna untuk menjadi lebih berhati-hati lagi dengan data pribadi yang mereka miliki.

Smartphone mit Kette und Schloss

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *