Vendor China dan India Siap Produksi Windows Phone

By on March 16, 2014
windowsph8-start-screens

Dalam sebiuah ajang Mobile World Congres 2014 pada Februari lalu yang bertempat di Barcelona Spanyol beberapa waktu lalu, Microsoft telah mengumumkan mitra barunya dalam memproduksi ponsel Windows Phone andalam mereka. Sekarang ini vendor asal China dan juga India telah mengumumkan diri bahwa mereka telah bergabung dengan kubu Windows Phone tersebut untuk memproduksi ponsel pintar yang berbasis windows phone.

Dalam sebuah laporan yang dilansir situs teknologi Digitimes mengatakan bahwa pihak Microsoft sendiri telah sukses menggandeng pabrikan China seperti Huawei dan juga ZTE unutk memporduksi Windows phone andalam mereka , serta vendor yang berasal dari India seperti Gionee dan Karbonn. Kabarnya dalma waktu dekat ini mereka akan segera membuat ponsel Windows Phone versei mereka. Selain itu juga, Microsoft sendiri kabarnya telah berhasil menggandeng perusahaan Lenovo, perusahaan LG dan juga pemanufaktur Foxconn.

Dalam sebuah laporannya, dalam jangka waktu tertentu kabarnya Microsoft telah membolehkan vendor-vendor tersebut untuk segera membuat ponsel Windows Phone 8 dengan fitur dual-SIM yang saat ini menjadi primadona dunia ponsel pintar lengjap dengan koneksi 4G LTE dan juga dengan kapasitas memori yang lebih besar lagi dari sebelumnya, serta mereka pun diijinkan untuk membuat tampilan antarmuka versi mereka sendiri supaya perang kreativitas para vendor ikut mendongkrak popularitas Windows Phone.

Bahkan menurut sumber yang diambil dari Digitimes, mengatakan bahwa Karbonn yang merupakan vendor yang berasal dari India mengatakan bahwa mereka ini merupakan salah satu vendor yang sangat tertarik untuk segera membuat Windows Phone 8 dengan dua sistem operasi yang berbeda. Selain itu juga, Microsoft dikabarkan sekarang ini telah menggandeng Qualcomm untuk membuat referensi desain ponsel pintar Windows Phone 8 dalam upaya untuk mempercepat agar ponsel tersebut segera dirilis ke pasar dalam waktu dekat ini.

Dalam kesempatan yang sama, pihak Microsoft juga telah menurunkan standar khusus spesifikasi perangkat keras dan juga kabarnya akan mempermudah pemberian lisensi bagi vendor-vendor yang ingin membuat ponsel Windows Phone 8 besutannya. Walau memiliki raihan pangsa pasar yang masih kecil, akan tetapi lembaga riset IDC telah meramalkan pertumbuhan Windows Phone yang akan sangat pesat dibeberapa waktu yang lalu. Bahkan pada tahun 2018 nanti diperkirakan pangsa pasar Windows Phone ini akan mencapai 7 persen secara global dalam pemasaran produk Windows Phone.

Walaupun demikian, ternyata sampai sekarang masih ada juga vendor ponsel yang sepertinya masih enggan untuk mengadopsi platform buatan Microsoft tersebut, salah satunya adalah Acer. Mereka beralasan karena sampai sekarang masih sedikit permintaan pasar untuk ponsel pintar Windows 8 dan juga masih sedikitnya ketersediaan aplikasi  yang berbasis windows 8 yang bisa dipakai oleh konsumen.

2113376-htc-windows-phone-8x-780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *