Update iOS Mampu Menghemat Penggunaan Baterai

By on April 27, 2014
1520355ios1620x620

Beberapa waktu yang lalu,pihak Apple telah resmi merilis update terbaru sistem operasi mereka ke versi 7.1.1. Update iOS versi terbaru ini memang secara khusus ditujukan untuk perangkat iPhone, iPod Touch dan iPad merela. Didalam update ini Apple telah banyak membawa perubahan, selain berfungsi untuk meningkatkan akurasi Touch ID dan perbaikan bug yang kemarin-kemarin sempat dilaporkan, sepertinya update ini juga bertujuan untuk membantu para pengguna produk Apple dalam upaya untuk menghemat baterai mereka.

Setidaknya hal itulah yang sempat diungkapkan dalam laman situs ZDNet yang pada Kamis kemarin telah mengklaim bahwa umur baterai iPhone bisa bertahan sedikit lebih lama setelah dilakukan update software pada versi terbaru ini. Bahkan menurut ZDNet, ternyata berdasar pada iPhone 5 kemarin, mereka yang menggunakan sistem iOS versi 7.0 banyak mengeluhkan tentang kondisi baterai iPhone yang digunakan selama enam jam setelah terisi penuh akan menyisakan daya sekitar 74 persen saja.

Tapi setelah diupdate sistem ke versi iOS 7.1, ternyata daya baterai iPhone yang digunakan setelah enam jam justru malah turun menjadi sekitar 48 persen dan ini jelas ada penghamburan daya yang terjadi pada iOS versi 7.1 kemarin. Setelah update ke versi 7.1.1 yang diluncurkan Apple pada Selasa lalu, ternyata daya tahan baterai iPhone 5 tersebut berhasil meningkat secara drastis. Bahkan setelah enam jam digunakan, ternyata daya yang tersisa mencapai 76 persen, dan kondisi ini sedikit lebih baik jika dibandingkan ketika menggunakan iOS versi 7.0 kemarin.

Masih menurut ZDNet, kemungkinannya pihak Apple juga sudah menyertakan kode optimasi software dalam update terbarunya tersebut, dan hal inilah yang membuat penggunaan baterai di perangkat mereka yang telah di update mengalami peningkatan, terutama dalam segi daya tahan baterai. Dengan mengoptimalkan software yang bekerja, tentu saja daya baterai yang digunakan iPhone mereka ini tidak akan terkuras percuma dan pemakaian daya ini akan lebih optimal.

Walau demikian, ternyata penilaian dari satu perangkat saja tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama kelebihan dari update sisitem terbaru dari Apple ini. Hal ini Berbeda dengan perangkat lainnya, karena sepertinya beda perangkat, maka secara otomatis beda pula aplikasi yang digunakan di dalamnya. Dengan adanya perbedaan ini, maka sudah bisa dipastikan cara penggunaan antar pengguna juga akan berbeda-beda, karena ini akan berhubungan langsung dengan selera, aktivitas dan juga keinginan para pengguna.

Meskipun begitu, para pengguna iPone dan iPad menyambut baik update sisitem kali ini, apalagi beberapa waktu lalu Apple sempat diguncang dengan beberapa pencurian pasword dalam jailberak dan berbagai aksi yang mampu menerobos sisitem keamanan dari iPhone dan iPad.

0723467iPhone-5780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *